Beranda Humas Kutim Kerapatan Daerah SKK Kutim akan di Kukuhkan – Membangun SDM Kutim Lebih...

Kerapatan Daerah SKK Kutim akan di Kukuhkan – Membangun SDM Kutim Lebih Kuat dan Profesional

73 views
0

SANGATTA-Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dipilih menjadi lokasi pertama berdirinya organisasi Kerapatan Daerah Sempekat Keroan Kutai (SKK) cabang Kutim setelah mendapatkan amanah pusat dari Kerapatan Wilayah SKK Provinsi Kaltim yang berada di Kutai Kartanegara. Jelang pengukuhan pada Kamis (25/1) di Ruang Akasia Gedung Serba Guna (GSG), para pengurus berkumpul di area pendopo rumah jabatan (rumjab) Bupati Kutim kawasan Bukit Pelangi, Selasa (23/1) membahas sejumlah persiapan.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh pengurus SKK Kutim diantaranya Bupati Ismunandar, Petinggi Tuha Encek UR Firgasih, Petinggi Pore Edward Azran, Ketua Panitia Pelaksana Musyaffa, anggota SKK, dan beberapa undangan lainnya.

Sebanyak 333 orang yang tergabung dalam anggota SKK Kutim berkomitmen dan konsisten dalam upaya menjaga adat istiadat serta budata Kutai yang memiliki nilai dan makna yang sangat tinggi. Ditegaskan Petinggi Pohe Edrward Azran dalam organisasi ini sudah lama dinantikan dan segera dikukuhkan sebagai bentuk wadah silaturahim seluruh masyarakat kutai. Tidak hanya yang berada di dalam negeri termasuk di luar negeri.

“Jadi semuanya menjadi satu kesatuan dalam kebersamaan. Saat warga kutai berada di luar negeri ketika ingin pulang ke kampung halamannya tidak putus masih terkoneksi dengan tujuan utama tetap punya rasa memiliki budaya kutai sekaligus membangun Kutim dalam segala sektor,” jelas Edward.

Ditambahkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan itu bahwa SKK Kutim juga memfokuskan perkumpulan dengan rasa gotong royong dan kerja sama. Persiapan pengukuhan organisasi ini sudah jauh-jauh hari sekitar 4-5 bulan lalu.

“Organisasi ini siap menjalankan program dengan hati-hati. Didalamnya nanti ada dialog bersama untuk memecahkan masalah,” tambahnya.

Sementara itu, Petinggi Tuha Encek UR Firgasih mengatakan bangkitnya peradaban kutai baru untuk menajuan peradaban modern sesuai dengan nilai leluhur. Ini menjadi tempat perhimpunan kuat bubuhan etam untuk mencapai hasrat guna meningkatkan perbaikan peradaban lebih adil dan sejahtera.

“SKK Kutim sebagai kekuatan untuk mencapai cita-cita besar dalam idioologi dalam berbagai hal seperti politik dan kamtibnas sesuai dan padu dengan komponen bangsa. Ini dalam visi dan misi meningkatkan peningkatan sumber daya manusia, silaturahmi lebih erat, perbaikan ekonomi, dan menggapai budaya tinggi dalam menopang persatuan dan kesatuan,” kata Encek.

Dirinya menambahkan SKK Kutim juga fokus mengajak para warga kutai berpartisipasi dalam pembangunan, pendidikan, air bersih, mengentaskan kemiskinan, gerakan masyarakat sehat, dan mebangun keluarga yang agamais.

“Sesuai dengan amanah pusat kekerabatan sempekat tidak membedakan perbedaan kutai ketika lebih melekat kepada institusinya. Dalam menyusun kepengurusan periode 2018-2022, SKK Kutim tidak ingin terjebak dalam momen kepentingan tetapu bagaimana membangun sumber daya sembekat profesional,” tutupnya. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here