Beranda Umum & Ekonomi TP PKK dan Disdik Gelar Pelatihan – Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Pokja

TP PKK dan Disdik Gelar Pelatihan – Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Pokja

237 views
0

SANGATTA- Demi membentuk manusia secara utuh (holistik), sebagai insan yang memiliki karakter, pemahaman dan ketrampilan wirausaha, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kutim menggelar kegiatan pelatihan pengembangan pendidikan kewirausahaan.

Kegiatan yang diikuti oleh ketua dan perwakilan Pokja II TP PKK Kecamatan se-Kutim ini berlangsung selama tiga hari, 19-21 September 2018, di Gedung Wanita, Jalan Prof DR Baharuddin Lopa SH, Pusat Perkantoran Pemkab Kutim, Bukit Pelangi, Sangatta Utara.

Ketua TP PKK Kabupaten Kutim Hj Encek UR Firgasih berkesempatan membuka langsung kegiatan dimaksud. Dihadiri Wakil Ketua TP PKK Kutim Hj Tirah Satriani, Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah Disdik Kutim H Landudi, Ketua TP PKK Kecamatan dan perwakilan Pokja II PKK Kecamatan se Kutim.

“Kegiatan ini sangat penting, dengan harapan disetiap kecamatan ada yang dapat meneruskan ilmu, yang didapat dari kegiatan ini. Untuk membagikan pengetahuannya, sehingga dapat menambah pengalaman. Jika mungkin dapat digunakan untuk meningkatkan pendapatan keluarga,” kata Encek UR Firgasih yang mengaku menyambut baik kegiatan pengembangan pendidikan kewirausahaan tersebut.

Ditambahkannya, program unggulan TP PKK Pusat adalah peningkatan perekonomian keluarga dan merupakan salah satu dari 10 program pokok PKK di Pokja II. Untuk itu diharapkan setelah mengikuti pelatihan, semua peserta dapat memahami dan melaksanakan dengan baik dan benar.

Di kegiatan PKK khususnya di Pokja II, UP2K mempunyai tujuan memajukan dan menyejahterakan anggota serta masyarakat pada umumnya. Ketua Pokja II TP PKK Kabupaten Kutim, Tatiyana Ester Purimova Panjaitan menjelaskan, kegiatan yang di gelar oleh TP PKK Kabupaten bekerjasama dengan Disdik Kutim saat ini adalah pengembangan pendidikan kewirausahaan.

Diantara kegiatan tersebut adalah pelatihan talikur. Untuk melatih keterampilan membuat kerajinan tangan dari talikur yang nantinya dapat dibuat dompet atau tas.

“Tidak hanya itu, PKK Kutim juga laksanakan pelatihan make up, melalui pelatihan ini diharapkan bukan hanya dapat tampil lebih manis dan cantik, tetapi dapat membagi cara yang benar untuk mempercantik diri dengan ber-make up,” katanya.

Selanjutnya pembekalan mengenai tim penggerak ketua-ketua kelompok PKK (TPK3PKK), sangat penting dilaksanakan bagi semua pengurus TP PKK. Sehigga mendapat pemahaman yang benar tentang kegiatan dan pekerjaan PKK. Pada akhirnya semua pengurus memahami tugas pokok PKK. (hms11)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here