Beranda Kutai Timur Arena Renang Perairan Terbuka Sangkulirang Direkomendasi Gelar Kejurnas

Arena Renang Perairan Terbuka Sangkulirang Direkomendasi Gelar Kejurnas

101 views
0

SANGATTA- Lomba renang perairan terbuka cabang aquatik berlangsung pada 6-7 Desember 2018, di Perairan Kecamatan Sangkulirang. Diikuti 7 Kabupaten/Kota yakni, Paser, Penajam Paser Utara (PPU), Balikpapan, Kutai Kartanegara (Kukar), Samarinda, Bontang dan Kutai Timur (Kutim) sebagai tuan rumah. Sebelumnya puluhan atlet renang baik putra maupun putri dari sejumlah Kabupaten/Kota menggelar latihan bersama sekaligus uji coba arena renang perairan terbuka di cabang olahraga aquatik, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim. Kegiatan ini berlangsung di Dermaga Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur pada Rabu (5/12/2018).

Rata-rata seluruh kontingen mengakui bahwa lokasi dimaksud representatif untuk menjadi arena kejuaraan level yang lebih tinggi seperti kejuaraan nasional.

“Terkait adanya rekomendasi Kejurnas (renang perairan terbuka) di Sangkulirang itu informasi benar,” kata Ketua Pengkab Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kutim Siti Rizky Amalia Ismunandar, Jumat (7/12/2018).

Dia menyebut ada beberapa alasan direkomendasikannya Sangkulirang sebagai arena renang perairan terbuka. Diantaranya Sangkulirang menjadi daerah yang memiliki latar belakang menarik. Salah satunya kecamatan tertua di Kutim dan tempat beberapa Bupati Kutim dibesarkan. Memiliki wilayah yang luas dan dikelilingi oleh laut. Namun yang terpening, sambung Rizky, lokasi yang bakal dijadikan arena kejurnas sudah disurvei dan diteliti.

“Ternyata kawasan perairan Sangkulirang layak untuk dijadikan arena lomba perairan terbuka tingkat nasional. Bahkan pelatih dari Jakarta pun membenarkan hal itu,” sebut putri pertama Bupati Kutim H Ismunandar dan Ketua DPRD Kutim Ny Hj Encek UR Firgasih.

Selain itu, ajang kejurnas di Sangkulirang tentunya dapat dijadikan promosi olahraga pariwisata bahari. Terlebih ditempat tersebut terdapat sejumlah objek wisata yang memukau pengunjung baik domestik maupun luar negeri. Seperti Desa Pulau Miang dan Goa Kars yang tak jauh dari pusat Ibukota Kecamatan.

Perlu diketahui, renang perairan terbuka adalah jenis olahraga berenang yang dilakukan di alam terbuka, seperti danau, laut ataupun pantai. Para perenangnya sudah terbiasa dengan halangan ombak besar ataupun ombak yang lebih kecil untuk memperoleh waktu secepat mungkin agar bisa sampai di tempat tujuan. Untuk di Porprov Kaltim/VI kali ini, di Sangkulirang menggelar tiga kategori lomba yakni 3.000 meter, 5.000 meter dan 10.000 m. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here