Beranda Humas Kutim Enam Puskesmas Kutim Raih Akreditasi – Kategori Dasar, Madya Hingga Utama

Enam Puskesmas Kutim Raih Akreditasi – Kategori Dasar, Madya Hingga Utama

111 views
0

Kepala Dinas Kesehatan dr Bahrani (foto: wak heidir humas)

SANGATTA- Janji Bupati Kutim H Ismunandar untuk terus meningkatkan standar pelayanan kesehatan di daerah perlahan tapi pasti terus terwujud. Derajat kesehatan masyarakat terus meningkat berkat fasilitas Puskesmas yang terakreditasi. Paling baru, enam Puskesmas di Kabupaten Kutim berhasil menoreh prestasi membanggakan. Total ada enam Puskesmas terakreditasi. Bahkan hebatnya, satu diantaranya ternyata mampu meraih akreditasi utama. Yakni Puskesmas Sepaso Kecamatan Bengalon. Capaian ini tak lepas dari keberhasilan program inovatif yang dilakukan Puskesmas di Kutim. 

Puskesmas yang mampu meraih akreditasi antara lain, Puskesmas Sangkulirang dengan akreditasi  dasar. Berikutnya dengan akreditasi madya adalah Puskesmas Kaliorang, Rantau Pulung, Muara Ancalong, Muara Wahau l.

Kepala Dinas Kesehatan Kutim dr Bahrani menerangkan, pihaknya akan terus mengejar penilaian akreditasi hingga level tertinggi. Demi bisa memberikan pelayanan prima pada masyarakat. Ada empat tingkatan akreditasi yang menjadi kategori penilaian. Yakni, Paripurna, Utama, Madya dan Dasar.

“Untuk memiliki akreditasi utama harus memiliki sumber daya manusia (SDM) mumpuni. Serta sarana prasarana memadai dan juga program inovatif. Dengan begitu, pelayanan kepada masyarakat dapat maksimal, Puskesmas Bengalon telah mampu melaksanakan itu,” jelasnya.

Bahrani menambahkan, kedepan Dinkes Kutim menargetkan predikat (akreditasi) paripurna. Namun ia mengingatkan bahwa untuk bisa meraih akreditasi ini merupakan tanggung jawab besar yang mesti direalisasikan bersama. Melalui pengelolaan administrasi yang rapi. Seluruh data dapat dilihat dari semua unit. Artinya tinggal klik saja di computer, maka akan langsung muncul data yang diperlukan.

“Dengan semua itu, bukan mustahil untuk mendapatkan akreditasi paripurna nanti,” tandasnya.

Lebih lanjut, Bahrani mengatakan sejak tahun lalu sudah ada 12 dari 21 Puskesmas mendapatkan akreditasi. Sebanyak 10 Puskesmas terakreditasi madya, satu Puskesmas akreditasi Utama dan satu lagi masih akreditasi Dasar. (Hms15).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini