Beranda Kutai Timur 56 Warga Sukses Jalani Operasi Katarak – Bhakti Sosial PERDAMI di Tiga...

56 Warga Sukses Jalani Operasi Katarak – Bhakti Sosial PERDAMI di Tiga Kecamatan

139 views
0

Salah satu pasien yang berhasil menjalani operasi katarak, setelah dilakukan pemeriksaan sebelumnya. (Foto: Ist)

MUARA WAHAU – Pelaksanaan bakti sosial operasi katarak gratis yang digelar di Puskesmas Muara Wahau II, Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), berlangsung lancar dan sukses. Ada 56 pasien yang berhasil menjalani operasi katarak, setelah dilakukan pemeriksaan sebelumnya. Antusiasme masyarakat pedalaman untuk melakukan operasi katarak cukup bagus. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kesadaran kesehatan yang cukup tinggi. Dari 190 warga yang mendaftar untuk ikut operasi katarak itu, tak hanya berasal dari kecamatan Muara Wahau. Namun ada yang berasal dari Kongbeng, dan Telen.

“Sebenarnya yang mendaftar ada 190 orang, namun setelah dilakukan pemeriksaan 56 orang mengalami katarak dan 3 orang mengalami petrigium dan sisa gangguan pada mata. Sehingga mereka tak dilakukan operasi,” kata Kepala Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kutim, H Muhammad Yusuf yang  turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan bakti sosial operasi katarak ini merupakan kerjasama Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) Kaltim dan Kaltara dengan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih SCTV dan INDOSIAR, Dinas Kesehatan Kutim serta Puskesmas Muara Wahau II. Bakti sosial tersebut melibatkan 4 dokter spesialis mata yang tergabung dalam PERDAMI. Serta dibantu tim medis dari Puskesmas Muara Wahau dan Kongbeng.

Dikatakan Yusuf, bakti sosial operasi katarak ini sangat membantu masyarakat. Sebab, jika melakukan operasi sendiri masyarakat harus mergoh koceknya sekitar Rp 5 juta. Sehingga kegiatan ini sangat besar artinya bagi masyarakat terutama di pedalaman Kutim yang memerlukan uluran bantuan seperti ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya bakti sosial operasi katarak tersebut.

Demikian juga kepada tim dokter yang telah meluangkan waktunya untuk melakukan operasi katarak selama berada di Muara Wahau. Kemudian tim medis dan staf UPT Puskesmas Muara Wahau yang juga ikut membantu dalam kelancaran operasi katarak. (hms15)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini