Beranda Kutai Timur Pembangunan Jembatan Jadi Perhatian Pemkab – Tengah Negoisasi Pembebasan Lahan Sisi Utara

Pembangunan Jembatan Jadi Perhatian Pemkab – Tengah Negoisasi Pembebasan Lahan Sisi Utara

256 views
0

BUTUH JEMBATAN: TKP Korban wahyu tenggelam dari kapal ponton di Sungai Sangatta. (Foto: Jani Humas)

SANGATTA-Musibah jatuhnya korban tenggelam yaitu bocah laki-laki bernama Wahyu berusia 6 tahun di Sungai Sangatta pada Kamis (4/7/2019) sekitar Pukul 08.00 Wita lalu, mematik perhatian Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar. Pasalnya menurut orang nomor satu di Pemkab Kutim itu tidak ingin kejadian ini terulang kembali bahkan menimbulkan korban jiwa.

Sebelum adanya desakan beberapa masyarakat yaitu adanya jembatan yang menghubungkan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan itu pun sudah jauh-jauh hari Pemkab Kutim sudah mengalokasikan anggaran dalam perencanaan pembangunan. Sejauh ini, menurut Ismu kini tinggal negoisasi dari sisi Sangatta Utara saja. Sementara lahan dari sisi Sangatta Selatan sudah bebas dan tidak ada masalah. Dalam hal ini Pemkab Kutim tengah berupaya memberikan perhatian dalam pembangunan jembatan ini.

“Proses terus berjalan. Sekitar 5 – 6 rumah kita tengah dekati untuk pembebasan dengan pemilik lahan. Dalam Coffee Morning Senin (8/7/2019) ini akan jadi bahasan kami mendegar progres perencanaan jembatan dari pihak Dinas PU. Tidak hanya itu saya juga akan memanggil Dinas Perhubungan (Dishub) terkait mekanisme teknis penyeberangan yang aman (safety),” jelas Ismu.

Senada, Kadis Pekerjaan Umum Aswandini Eka Tirta melalui Kasi Perencanaan Teknis, Asran Lode mengatakan sampai saat ini progres pembangunan masih dalam tahap negoisasi antara pemerintah dengan pemilik lahan.

“Masih alot perundingan ganti ruginya. Pemerintah sudah menawarkan ganti rugi,” ujarnya.

Selain itu, ganti rugi juga dituntut oleh pemilik ponton yang selama ini beroperasi di Sungai Sangatta.

“Karena menurut mereka bisnis ponton akan mati setelah ada jembatan,” ungkapnya.

Sampai saat ini, menurut Asran, pihaknya masih mencari solusi ganti rugi yang pas terhadap rumah di Sangatta Utara yang bakal terkena gusuran proyek jembatan.(hms13)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini