Beranda Pemerintahan TP PKK Se Kaltim Kunjungi Posyandu Kemala Bhayangkari – Firga: Dasawisma Menjadi...

TP PKK Se Kaltim Kunjungi Posyandu Kemala Bhayangkari – Firga: Dasawisma Menjadi Prestasi Kutim

93 views
0

Saat Ketua TP PKK Kabupaten Kutai Timur memberikan sambutan.(foto: Wahyu Humas)

SANGATTA –  TP PKK Se Kalimantan Timur (Kaltim) mengunjungi Posyandu Kemala Bhayangkari Sangatta sekaligus laksanakan gerakan minum susu (Gerimis) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Juga membahas dasawisma menjadi salah satu prestasi Kutai Timur (Kutim) dan kasus stunting dilakukan penanganan dan pencegahan secara bersama-sama.Rabu (26/6/2019)

Ketua TP PKK Kaltim Nor Baiti  menyampaikan bidang kesehatan ini rencananya pembangunan jangka panjang, bidang kesehatan secara pencapaian dengan sasaran keluarga sehat tahun 2030 dengan strategi pencegahnya mengaktifkan kembali dasawisma dan posyandu .

“Dengan adanya daswisma dan posyandu sejak dahulu, harus diketahui  setiap indicator dasawisma mampu membawahi 10 sampai 20 KK, artinya data tersebut dapat diolah menjadi laporan yang mengetahui adanya semua penyakit contohnya stanting pada di satu keluarga,” ucapnya.

Nor Baiti menambahkan untuk seluruh kabupaten kota yang hadiri harus bisa memberi perhatian lebih bagaimana cara untuk mengaktifkan kembali dasawisma dan posyandu. Ia juga mengatakan peran aktif setiap kelompok kerja tidak mampu berjalan sendiri,mari kita bangun kebersamaan cinta kasih dan sayang secara tidak langsung bersinergi  untuk mewujudkan  kabupaten kota yang sehat.

Ketua TP PKK Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Encek UR Firgasih menyampaikan selama ini Kutim tetap fokus pada dasawisma sejak dari dulu, dengan suksesnya dasawisma tentunya menjadi tolak ukur keberhasilan Kutim.

Namun Firga juga mengatakan keprihatinan TP PKK Kutim terhadap masalah stunting langsung disambut baik dinas terkait untuk bersama-sama melakukan penanganan dan pencegahan.

“Salah satu cara yang dilakukan TP PKK Kutim adalah mengaktifkan para kader bekerja sama dengan LSM Oase untuk memberikan sosialisasi tentang gizi dan stunting di masyarakat” kata Firga.

Firga menambahkan untuk itu kami membutuhkan dukungan semua pihak, stakeholder dan kelompok masyarakat, bersama memberi informasi lebih di masyarakat tentang stunting dan pentingnya pemberian gizi pada anak.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kaltim Bersama seluruh Ketua TP PKK kabupaten kota se Kaltim melakukan gerakan minum susu (Gerimis) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang sudah digalakkan TP PKK bersama stakeholder beberapa tahun belakangan ini. Kegiatan ini dihadir Wakil Bupati H Kasmidi bulang bersama beberapa esselon 2,3 dan 4, TP PKK se Kaltim, unsur FKPD, Stakeholder serta masyarakat sekitar yang turut meramaikan kegiatan.(hms7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here