Beranda Humas Kutim “Gedung Putih” Kutim Kibarkan Bendera Merah Putih Setengah Tiang – Bupati Ucapkan...

“Gedung Putih” Kutim Kibarkan Bendera Merah Putih Setengah Tiang – Bupati Ucapkan Belasungkawa

586 views
0

Kantor Setkab Kutim berkibar bendera setengah tiang.(foto: Wahyu Humas)

SANGATTA – “Gedung Putih” atau biasa disebut Kantor Sekretariat Kabupaten Kutai Timur (Setkab Kutim) kibarkan bendera Merah Putih setengah tiang hari di hari berkabung nasional.

Dari pantauan tim pemberitan Humas Setkab Kutim, Kamis (12/9/2019), sebuah tiang bendera yang berdiri tegak di halaman depan gedung putih, berkibar bendera Merah Putih setengah tiang dan juga seluruh kantor Organisasi Perangkat Daerah dikawasan Perkantoran Bukit Pelangi. Usut punya usut, pengibaran bendera setengah tiang ini dalam sebagai tanda penghormatan kepada Presiden ke-3 RI BJ Habibie wafat kemarin, Rabu (11/9/2019), pukul 18.05 di RSPAD Gatot Soebroto.

Dikonfirmasi kepada staf Umum dan kepegawaian Setkab Kutim, Ian Rezki Hartawan Anwar menyampaikan pemasangan bendera tersebut mengikuti intruksi atasannya yang mengacu pada surat perintah dari Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

“Sesuai dengan pasal 12 ayat 4, ayat 5, ayat 6 Undang-undang RI nomor 24 tahun 2014 tentang bendera, bahasa dan lambang negara serta lagu kebangsaan. (Dimohon) untuk mengibarkan bendera negara setengah tiang selama 3 hari berturut-turut mulai 12-14 September 2019,” kata Ian mengutarakan isi surat tersebut.

Ian menambahkan isi dalam surat juga kepada para pimpinan lembaga negara, gubernur bank Indonesia, mentri, jaksa agung, panglima TNI kapolri, pimpinan lembaga non struktral, pimpinan lembaga pemerintah non kementerian, gubernur, bupati, walikota, pimpinan BUMN/BUMD, serta kepala perwakilan RI di luar negeri beserta jajarannya untuk mengibarkan juga bendera negara setengah tiang selama 3 berturut-turut. Dirinya pun mengatakan surat dengan nomor B-1010/M.Sesneg/Set/TU.00/09/2019 terbit 11 September 2019 bersifat sangat segera.

“Selanjutnya kepada Gubernur, Bupati dan Walikota agar menyampaikan kepada masyarakat luas untuk mengibarkan bendera negara setengah tiang. Pada kurun waktu itu juga dinyatakan sebagai hari bekabung nasional,” ucap Ian menyampaikan isi surat.

Dalam hal yang sama itu, Bupati Kutim Ismunandar mengucapkan belasungkawanya kepada Presiden ke-3 RI BJ Habibie.

“Inna lillahi waa innailaihi raji’un (انا لله وانا اليه راجعون).Presiden ke 3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie tutup usia diumur 83 tahun di RSPAD Gatot Soebroto. Kepergian “Bapak Teknologi” ini tentunya menjadi duka mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia,” kutipan tulisan Bupati dalam akun halaman FB Ir.H.Ismunandar.

Ucapan belasungkawa Bupati Ismunandar hingga pukul 09:00 WITA telah disukai 166 nitizen 26 komentar serta telah dibagikan sebanyak 17 kali. Beberapa diantara nitizen memberikan ucapan belasungkawa seperti Muhammad Jaya, Irwan Mangung, Herwansyah Masdar, Mursalin Indra dan lainnya.

“Semoga beliau meninggal dalam keadaan Husnul Khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan serta keikhlasan, Amin. Kami masyarakat Kabupaten Kutai Timur juga merasakan duka yang sama dengan seluruh rakyat Indonesia. Semoga pula jasa-jasa beliau yang pernah memajukan teknologi dan memimpin Indonesia terus dikenang serta menginspirasi,”kutipan tulisan Bupati dalam akun IG @h_ismunandar.

Sedangkan ucapan melalui akun IG Bupati telah disukai 70 nitizen. Kemudian dikomentari oleh akun Mike Trigunawati dan Sailiwing dan lainnya.(hms7)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini