Beranda Humas Kutim Pasca Terbakarnya Pasar Marga Mulia Kongbeng – Pemkab Upayakan Relokasi, Pedagang Menolak

Pasca Terbakarnya Pasar Marga Mulia Kongbeng – Pemkab Upayakan Relokasi, Pedagang Menolak

62 views
0

Saat Kasmidi Bulang bersama perwakilan pedagang pasar SP4 Marga Mulia, Kongbeng di ruang kerjanya. (Foto: Alvian Humas)

SANGATTA- Agar aktivitas perekonomian di Kecamatan Kongbeng tetap berjalan lancar pasca terbakarnya Pasar SP4 Marga Mulia, Pemkab Kutim melalui OPD terkait berencana merelokasi sementara para pedagang yang kiosnya terbakar ke area baru. Sambil membangun pasar di lokasi kebakaran. Namun niat pemerintah untuk merelokasi sementara ternyata tidak mendapat penolakan dari pedagang. Sebab mereka ingin tetap berjualan di lokasi yang lama dengan berbagai pertimbangan.

“Rencana awal, kita (Pekab Kutim) usulkan untuk merelokasi pedagang yang terdampak, sambil membenahi lokasi pasar yang terbakar. Namun para pedagang sudah ada kesepakatan untuk tetap berjualan di lokasi yang terbakar dengan membangun kembali lapak atau kios mereka sendiri,” jelas Kasmidi saat ditemui perwakilan pedagang pasar SP4 Marga Mulia, Kongbeng di ruang kerjanya, Senin (4/11/2019).

Demi kepentingan umum, keinginan para pedagang tersebut diakomodir Wakil Bupati Kasmidi Bulang. Dengan menginstruksikan Dinas PU untuk menata lokasi tersebut dengan membuatkan jalan yang lebih lebar dan teratur. Termasuk pembangunan MCK dan pos pengamanan serta pembenahan instalasi listrik.

“Saya sudah instruksikan kepada Dinas PU, hari Rabu (6/11/2019) lusa ke lokasi untuk menata kawasan pasar yang terbakar itu. Agar segera bisa digunakan para pedagang berjualan. Dinas PU segera membuat jalan, membangun MCK dan pos pengamanan. Itu yang sangat diperlukan bagi pedagang, termasuk membantu instalasi listriknya,” jelas Kasmidi.

Pemkab Kutim juga akan membantu pembangunan kios atau lapak sementara untuk pedagang. Dengan memberikan bantuan atap seng dari Dinas Sosial (Dinsos). Untuk warga terdampak, Dinsos juga membantu pengadaan selimut, kasur dan paket sembako. Selain itu Pemkab juga akan memberikan santunan kepada pemilik dan penyewa kios yang terbakar. 

Kabid Perdagangan Disperindag Pasombaran mewakili pimpinannya menambahkan pihaknya juga langsung menyusun program pembangunan pasar sesuai dengan data yang telah direkomendasikan kepala desa dan camat Kongbeng. Untuk pembangunan pasar baru yang lebih representatif, Pemkab Kutim akan menganggarkan melalui Disperindag serta beberapa instansi terkait. 

“Lokasinya masih di sekitar pasar ini (Pasar Marga Mulia), tentu harus dengan kajian yang matang dengan melibatkan instansi terkait. Diantaranya Dinas PU, Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang, Pemberdayaan Masyarakat Desa serta Bagian Pembangunan,” ujar Kabid Perdagangan Pasombaran. (hms4)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here