Beranda Kutai Timur Mantapkan Akselerasi KLA di Kutim – DP3A Bentuk Kelana/Dekala di 4 Kecamatan

Mantapkan Akselerasi KLA di Kutim – DP3A Bentuk Kelana/Dekala di 4 Kecamatan

221 views
0

Kegiatan pembentukan Kelana/Dekala di 4 Kecamatan di Kutim (Foto:Ist)

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kutim terus menggenjot peningkatan Kabupaten Layak Anak (KLA) di wilayah Kutim. Terayar, akhir Oktober lalu, DP3A melakukan sosialisasi dan pembentukan Kecamatan Layak Anak (Kelana) dan Desa Layak Anak (Dekala) serta Forum Anak (FA) di 4 Kecamatan. Yakni, di Kecamatan Batu Ampar, Long Mesangat, Muara Bengkal, Muara Ancalong.

Kepala DP3A Kutim melalui Kepala Seksi Hak Sipil, Informasi dan partisipasi anak Yuliana Kala’lembang mengatakan, kegiatan dimulai 28 – 31 Oktober 2019, Batu Ampar ( 28 /10), Long Mesangat (29/10), Muara Bengkal (30/10) dan Muara Ancalong (31/10).

“Hasil kegiatan tersebut, jumlah Gugus Tugas (GT) Kelana yang terbentuk sebanyak 4 Kecamatan (di lengkapi SK). Jumlah Forum Anak (FA) Kecamatan yang terbentuk sebanyak 4 kelompok (di lengkapi SK dan dikukuhkan oleh Camat). Serta jumlah Dekala terbentuk sebanyak 30 Desa (di lengkapi dengan SK),” ungkapnya.

Yuli menambahkan, selain 4 Kecamatan tersebut, DP3A Kutim juga terus melakukan pembinaan pada Zona 1, yakni Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Rantau Pulung dan Bangalon.

“Tujuan dibentuk Kelana/Dekala meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap KLA,”ucapnya.

Target Kelana, sambung Yuli, 100 persen atau 18 kecamatan. Terbentuk baru 3 sekarang sudah 7 Kecamatan. Target Dekala, 100 persen (141 desa/kelurahan), yang tadinya masih nol, saat ini sudah 30 desa. Target FA Kecamatan, 100 persen (18 Kecamatan), saat ini baru 7 Kecamatan. Sedangkan, target FA Desa/Kelurahan, 100 persen (141 kelompok), saat ini masih nol.

Dia berharap, Kelana/Dekala, FA Kecamatan maupun FA Desa/Kelurahan terus di giatkan dan di anggarkan. Sehingga target sosialisasi dan pembentukan Kelana dan Dekala benar benar terwujud dan tercapai sesuai target.

“Khusus untuk Forum Anak, juga sangat perlu di bentuk, di latih dan di bina agar benar-benar tumbuh dan berkembang dengan baik. Serta diberi fasilitas sehingga mereka dapat beraktivitas dan berpartisipasi dalam pembangunan di Kutim ini,” tutup Yuliana. (hms15)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini