Beranda Keagamaan 460 Kafilah Berlomba Jadi Terbaik di MTQ XV Kutim

460 Kafilah Berlomba Jadi Terbaik di MTQ XV Kutim

113 views
0

Suasana Pembukaan (MTQ) tingkat Kabupaten Kutai Timur, Jumat malam (13/12/2019) di Masjid Agung Al Faruq, Komplek Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta Utara.(foto: Wahyu Humas)

SANGATTA – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) ke 15 resmi dibuka Bupati Kutim H Ismunandar, Jumat malam (13/12/2019) di Masjid Agung Al Faruq, Komplek Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta Utara.

Ajang tahunan tersebut diikuti sebanyak 460 peserta dari seluruh kecamatan di Kutim. Mengikuti 7 cabang mata lomba yakni Tartil Qur,an, Tilawah Qur,an, Qira’at Qur,an, Tahfidz  Qur,an, Tafsir Qur’an, Fahmil Qur.’an, Syahril Qur’an, Khattil Qur,an dan Musbaqah Makalah Qur’an (MMQ).

Ketua MTQ ke 15 Kutim Suko Buono, menjelasakan jumlah lokasi arena pelaksanaan MTQ sebanyak 7 lokasi yang tersebar di Kecamatan Sangatta Utara dan arena utama berada Masjid Agung Al Faruq, Komplek Perkantoran Bukit Pelangi.

“Masjid Agung Al Faruq sebagai pusat kegiatan MTQ Kutim. Kemudian Gedung TP PKK Bukit Pelangi digunakan untuk lomba Tartil, Tilawah anak-anak dan remaja. Sementara itu untuk Cabang Tahfidz dan Tafsir Qur’an digelar di Aula Masjid At Tabi’in di Jalan Margo Santoso V. Selanjutnya Cabang Syarhil Qur’an di ruang Meranti Setkab Kutim. Selain itu ada juga Cabang Fahmil Qur’an digelar di GOR SMAN 1 Sangatta Utara,” sebutnya.

“Berikutnya, Cabang Khatil Qur’an akan dilaksanakan di Gedung MTS Nurul Hikmah Jalan Hidayatullah Gg. Hikmah serta Cabang Musabaqah Makalah Quran (MMQ) di SDN 002 Sangatta Utara simpang tiga pendidikan,” sambung Suko  dihadapan Bupati Kutim H Ismunandar , Wakil Bupati H Kasmidi Bulang para tamu kehormatan dan para kafilah kecamatan serta undangan lainnya.

Sedangkan, jumlah pemondokan yang menampung kafilah sebanyak  18 rumah dan hotel yang tersebar di Kecamatan Sangatta Utara.

lebih lanjut Suko melaporkan, kegatan MTQ kali ini dimeriahkan dengan MTQ Expo dibawah koordinasi langsung camat Sangatta Utara Basuni diikuti 18 kecamatan, beberapa OPD serta unsur Asosiasi Pedagang Kaki Lima (ASPAL) dan kuliner. Adapun sumber pendanaan dari kegiatan MTQ tahun ini bersumber dari bantuan Pemkab Kutim berupa dana hibah kepada LPTQ.

“Untuk itu dalam kesempatan ini kami atas nama panitia MTQ Kutim 2019 menyampaikan terima kasih. kepada Bupati yang telah mengalokasikan dana untuk kegiatan MTQ, begitu juga Ketua LPTQ sekretaris kabupaten selaku penanggung jawab dan terimakasih pula kami sampaikan kepada seluruh pihak yang telah membantu kegiatan ini. Terutama panitia MTQ,” ucap Suko yang juga menjabat sebagai Asisten Pemkesra Setkab Kutim. (hms10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here