Beranda Infrastruktur Peresmian Jalan Tol Samarinda-Balikpapan – Ismu: Diharapkan Dukung Pertumbuhan Ekonomi Kutim

Peresmian Jalan Tol Samarinda-Balikpapan – Ismu: Diharapkan Dukung Pertumbuhan Ekonomi Kutim

79 views
0

Bupati Ismunandar bersalaman dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.(Foto: Ist)

KUTAI KERTANEGARA – Hari ini jalan penghubung bebas hambatan, Tol Samarinda-Balikpapan diresmikan Presiden RI Joko Widodo. Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ismunandar terlihat turut hadir sebagai undangan, bersama para kepala daerah se-Kaltim.

Usai peresmian Ismu mengaku ikut lega dan mengapresiasi, akhirnya jalan tol yang sudah mulai dibangun sejak era Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak ini akhirnya beroperasi. Ismu berharap dengan semakin lancarnya akses transportasi darat melalui jalan tol Samarinda-Balikpapan ini, perekonomian di Kabupaten Kutim.

“Selamat atas diresmikannya Jalan Tol Samarinda-Balikpapan oleh Bapak Presiden RI H. Joko Widodo. Dengan diresmikannya jalan tol yang pertama kali ada di Kalimantan Timur ini, diharapkan memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kutai Timur dan Kalimantan Timur secara umum,” kata Ismunandar dalam postingan akun instagram pribadinya @h_Ismunandar sekitar pukul 15.00 wita.

Apalagi Kutim juga memiliki banyak objek vital nasional dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK), tentu menjadi salah satu daerah penyangga strategis calon Ibukota Kota Negara (IKN) Indonesia di Kaltim. Dengan akses jalan tol, perkembangan daerah penyangga tentu akan semakin cepat.

Perlu diketahui, peresmian pembukaan jalan tol kali ini adalah seksi II, III, dan IV, sepanjang 66 kilometer. Menghubungkan Kecamatan Palaran, Samarinda dan Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar). Jalan tol tersebut diresmikan langsung Presiden RI Joko Widodo, di Gerbang Tol Samboja yang berada di Kabupaten Kukar.

Posisi tol ini menjadi strategis dengan rencana pemindahan IKN. Sebab, Kabupaten Kukar merupakan salah satu calon IKN selain Kabupaten Penajam Paser. Jalan Tol Balikpapan – Samarinda juga menjadi akses penghubung Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan. Akses menuju bandara ini dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit dengan melewati Seksi V ruas Balikpapan – Sepinggan yang hanya berjarak sekitar 8 km dari bandara tersebut.

Dalam kunjungan kerja sekaligus meresmikan tol, Presiden RI Jokowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu turut pula Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Juru Bicara Presiden M. Fadjroel Rachman, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sebagai tambahan, jalan tol Balikpapan – Samarinda dibangun sejak November 2016 terdiri dari 5 seksi, yaitu Seksi I ruas Balikpapan – Samboja (22,03 Km), Seksi II ruas Samboja – Muara Jawa (30,98 Km), Seksi III Muara Jawa – Palaran (17,50 Km), Seksi IV Palaran – Samarinda (17,95 Km), dan Seksi V ruas Balikpapan – Sepinggan (11,09 Km). (hms7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here