Beranda Pemerintahan Perekaman KTP-el Jalan Terus – Disdukcapil Terima Permintaan “JEBOL DILAN”

Perekaman KTP-el Jalan Terus – Disdukcapil Terima Permintaan “JEBOL DILAN”

107 views
0

Petugas Disdukcapil melakukan perekaman kepada seorang warga sakit jiwa di Teluk Pandan (IST)

SANGATTA – Sebagai upaya pemenuhan hak catatan sipil kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Pemkab melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil dan Kependudukan (Disdukcapil) terus melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi warga yang belum. Termasuk menerima permintaan Jemput Bola Disabilitas, Lanjut Usia (JEBOL DILAN) serta masyarakat sakit jiwa.

Kepala Disdukcapil Kutim Januar HPLA mengatakan perekaman dilakukan sesuai dengan permintaan warga melalui Ketua Rukun Tetangga (RT) diwilayah masing – masing. Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan kerjasama dengan Dinas Sosial. Demi mendukung validasi instansi dimaksud, untuk memberikan jaminan kesehatan kepada warga yang tidak mampu.

“Untuk yang JEBOL DILAN dan sakit jiwa tergantung request-nya dan dimana lokasinya, tergantung stakeholder. Dalam hal ini Dinas Sosial karena berkaitan erat dengan pembiayaan bagi yang tidak mampu,” ungkapnya.

Selanjutnya setelah direkam dan apabila data tunggalnya sudah kembali dari Pusat ke Kabupaten (Disdukcapil), maka KTP-el akan dicetak. Kemudian Dinas Sosial akan mengajukan ke BPJS Kesehatan agar warga tersebut tertangani dengan baik. 

Sampai saat ini, lanjut Januar, ada tiga kecamatan yang telah meminta Disdukcapil untuk melakukan perekaman JEBOL DILAN. yakni Kecamatan Sangatta Utara sebanyak 1O orang, Sangatta Selatan 1 orang dan Teluk Pandan 2 orang. 

“Untuk diketahui program digital Disdukcapil Kutim ada Besuk Kiamat (Bela Sungkawa Kirim Akte Ke Matian), Jebol Dilan (Jemput Bola Disabilitas dan Lanjut Usia),” tambah Januar.

Selanjutnya, program Peterpan (Pelayanan Terpadu Isbat Nikah), Germas aku (Gerakan Masyarakat Sadar Administrasi Kependudukan) dan Peluk Aku (Pelayanan Penduduk dan Akta Ku Utamakan. (hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here