Beranda Pendidikan Gencarkan Literasi Lewat Perpustakaan – DPDA Kutim Segera MOU Dengan PemDes

Gencarkan Literasi Lewat Perpustakaan – DPDA Kutim Segera MOU Dengan PemDes

118 views
0

Kecamatan Hingga Desa – Desa Di Kutim bakal segera punya perpustakaan (Ist)

SANGATTA – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPDA) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), menanggapi usulan para siswa  saat Musrenbang di Kecamatan Batu Ampar bulan lalu, terkait pembangunan taman pintar, pihaknya (DPDA) bakal segera membuat perpustakaan dan melakukan MoU dengan Pemerintah Desa (PemDes).

Menurut Kepala DPDA Kutim Suriansyah, saat ini pihaknya tengah menyusun sejumlah MoU dengan Pemerintah Desa disetiap Kecamatan yang belum ada Perpustakaannya.

 “Dalam waktu dekat kita akan melakukan tanda tangan MoU dengan Pemerintah desa, kegiatan diselipkan dalam kunjungan Bupati ke pedalaman,” ungkap Kadis Suriansyah dalam Coffe Morning, (2/3/20).

Sementara itu, Asiten Perekonomian dan Pembangunan Suroto, mengapresiasi langkah cepat yang diambil DPDA Kutim untuk melakukan MoU tersebut. Disamping itu, juga menjawab permintaan dari para siswa di Batu Ampar pada Musrenbang bulan lalu, agar dibangun taman pintar.

Dikutip dari JPPN.Com Mendagri Tito Karnavian pada Rakornas Perpustakaan di Jakarta 25-27  Februari 2020 meminta, agar semua kepala daerah harus membuat perpustakaan, baik di Propinsi, Kabupaten, Kecamatan hingga ke desa- desa.

Tito karnavian dihadapan  1.500 Dinas Perpustakaan di Indonesia termasuk dari Dinas Perpustakaan Kutim menegaskan, apabila  para Kepala Daerah tak ada anggaran untuk perpustakaan, Ia mengancam akan menolak perjanjian keuangan daerah. 

Sementara untuk desa, perpustakaan dibangun melalui dana desa (DD) yang sudah diberikan pemerintah. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung gerakan peningkatan literasi nasional utamanya dalam meningkatkan SDM yg unggul, kreatif, inovatif dan berkarakter.(hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here