Beranda Kutai Timur Tambah Satu, Kasus Positif COVID-19 Kutim Jadi Tiga Orang

Tambah Satu, Kasus Positif COVID-19 Kutim Jadi Tiga Orang

2.998 views
0

Bupati Ismunandar didampingi Kepala Dinkes Kutim dr Bahrani saat jumpa pers penambahan satu orang pasien positif Covid-19. Foto: Wahyu/Pro Kutim

SANGATTA- Satu orang lagi pasien dari Kutai Timur (Kutim) dinyatakan terpapar positif COVID-19, Sabtu (4/4/2020). Pasien adalah laki-laki usia 43 tahun, memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri. Yakni India, beberapa waktu lalu kemudian ke Singapura. Selanjutnya masuk ke Indonesia dan pulang ke Kutim melalui bandara SAMS Balikpapan ke Bandara Tanjung Bara Sangatta beberapa pekan lalu.

Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim dr Bahrani Hasanal pun langsung menggelar jumpa pers, Minggu (5/4/2020) di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Jalan Soekarno Hatta.

“Pasien ini dirawat sejak 27 Maret 2020 di RSUD Kudungga Sangatta. Si Mr X ini awalnya memiliki gejala keluhan. Yaitu flu biasa saja, lalu ia melaporkan keluhan ke klinik SOS Pusat setelah beberapa hari keluhan flu-nya tak kunjung membaik. Kemudian dia ke SOS PT KPC, namun tetap dalam kondisi tidak ada perubahan. Lalu pada 27 Maret 2020 dirujuk ke fasilitas perawatan COVID-19 di RSUD Kudungga Sangatya untuk dirawat,” jelas Kepala Dinkes Kutim dr Bahrani.

Ditambahkan Bahrani, setelah ada upaya dilakukan perawatan, RSUD Kudungga mengirimkan sample batuk dahak dan lainnya untuk dilakukan swab di Laboratorium Surabaya. Hasilnya swab menyatakan bahwa Mr X positif COVID-19. Mr X merupakan salah satu karyawan PT KPC yang sebelumnya melakukan perjalanan 35 hari ke India. Menjalankan tugas semacam dakwah atau Jamaah Tablig. 

“Diketahui tak hanya Mr X, sepulangnya dari India, Mr X bersama dengan Mr Y kembali ke Kutim,” terang Bahrani.

Selanjutnya, saat ini Mr Y tengah menjalani perawatan di fasilitas perawatan COVID-19. Dijelaskan, untuk Mr Y tidak memiliki keluhan apapun. Meskipun begitu, ia tetap harus dikarantina di RSUD Kudungga Sangatta sambil menunggu hasil swab dari laboratorium Surabaya. Sebab, Mr x dan Mr Y ini berkontak erat.

“Keduanya merupakan cluster baru, sedangkan untuk keluarga dan kerabat yang berkontak dengan Mr X serta Mr Y sudah melakukan isolasi mandiri dan cek kesehatan berkala. Kini jumlah total pasien positif COVID-19 berjumlah tiga orang,” tutupnya. (hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here