Beranda Entertainment Pemkab Kutim Ikuti Reses Legislator asal Kaltim – Serap Aspirasi Pembangunan Lewat...

Pemkab Kutim Ikuti Reses Legislator asal Kaltim – Serap Aspirasi Pembangunan Lewat Rapat Virtual

156 views
0

Suasana Ruang Konferensi Video, Diskominfo Perstik Kutim, Rabu (3/6/2020). (Dok Pro Kutim)

SANGATTA- Rapat kerja berkaitan reses Anggota DPR RI masa sidang III 2020 yang digelar bersama jajaran Pemprov Kaltim turut diikuti pejabat lingkup Pemkab Kutim, dari virtual, Ruang Konferensi Video, Diskominfo Perstik Kutim, Rabu (3/6/2020).

Selain Pemkab Kutim, rapat virtual yang digelar guna menyerap aspirasi daerah untuk disampaikan ke Pemerintah Pusat tersebut juga melibatkan jajaran pemerintahan 9 kabupaten kota di Kaltim lainnya.

Dari Pemkab Kutim, peserta rapat dipimpin asisten Pemkesra Suko Buono mewakili Bupati H Ismunandar. Didampingi Kepala BPBD Kutim Syafruddin Syam, Kepala Diskominfo Perstik Suprihanto, Kadinkes dr Bahrani dan Kabag Pemerintah Setkab Kutim Joko Suripto. Sedangkan dari Pemprov Kaltim Wagub Kaltim Hadi Mulyadi mewakili Gubernur Kaltim beserta jajarannya, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK.

Dari parlemen pusat, selain DR Awang Faroek Ishak juga ada Anggota DPR RI yang ikut. Diantaranya Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, Anggota Komisi IV DPR RI G Budisatrio Djiwandono, dan Anggota Komisi V DPR-RI dari Kutim H Irwan.

Usai kegiatan tersebut, Asisten Pemkesra Suko Buono mewakili Bupati H Ismunandar menjelaskan kembali bahwa adanya pertemuan melalui rapat virtual ini bertujuan untuk melihat langsung kondisi Kaltim. Agar aspirasi dan inspirasi mereka yang telah direncanakan di Kaltim segera terwujud. Ini menunjukan bawah wakil rakyat di pusat memiliki kepedulian besar terhadap masyarakat Kaltim. Menurut Suko, hal ini berujung pada bagaimana pemerintah mampu menciptakan people prefer (orang lebih suka). People prefer merupakan proses tujuan akhir yang diharapkan pemerintah.

“Bagaimana memperjuangan kondisi-kondisi kita ini melalui DBH (Dana Bagi Hasil), kemudian DAK (Dana Alokasi Khusus) yang kita harapkan selama ini. Untuk proses perubahan, percepatan pembangunan di Kaltim khususnya,” ucap Suko.

Ia menambahkan seluruh wakil rakyat dari Kaltim di Pusat, seperti Awang Faroek Ishak sebagai mantan Gubernur Kaltim dan Bupati Kutim sudah memberikan kejutan yang luar biasa untuk memperjuangkan Kaltim. Apalagi Kutim juga memiliki wakil sendiri dari Sangkulirang seperti H Irwan.

Suko mengaku akan menyampaikan hasil rapat dimaksud kepada Bupati Kutim H Ismunandar. Seperti belum adanya kesempatan pemekaran daerah otonomi baru (DOB), progress KEK MBTK dan lain sebagainya.

Suko menjelaskan, untuk kemajuan daerah tentunya semua potensi harus dikembangkan. Bukan hanya infrastruktur, tapi juga SDM dan SDA harus diatur dengan baik. Intinya semua harus dimaksimalkan untuk proses pembangunan maksimal. Demi kesejahteraan masyarakat yang adil dan merata. Tentunya dengan pola pengembangan efisien dan efektif.

Sekedar diketahui, reses yang dilakukan Anggota DPR RI merupakan salah satu agenda anggota dewan untuk menyerap aspirasi rakyat yang diwakilinya. Sekaligus menjalin silaturahim dimomen hari raya idul fitri beberapa waktu lalu.

Pada rapat ini, para wakil rakyat juga memberikan beberapa saran dan masukan kepada seluruh pemerintah daerah. Diantaranya perlu dilakukannya pembangunan infrastruktur secara konsisten dan terus menerus. Penyederhanaan regulasi dan birokrasi, serta transformasi ekonomi. (hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here