Beranda Pemerintahan Kepala BKKBN Kaltim Silaturahmi Dengan Bupati Kutim – Bahas Program Kerja dan...

Kepala BKKBN Kaltim Silaturahmi Dengan Bupati Kutim – Bahas Program Kerja dan Kegiatan Peringatan Harganas

328 views
0

Bupati Kutim H Ismunandar bersama kepala BKKBN Muhammad Edi Muin. (Wahyu Pro Kutim)

SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ismunandar menyambut hangat kunjungan silaturahmi Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim Muhammad Edi Muin beserta jajarannya, di Rumah Jabatan Bupati Kutim, Bukit Pelangi, Jum’at (5/6/2020) pagi.

Kepala BKKBN Kaltim Muhammad Edi Muin menjelaskan dirinya beserta rekan-rekan bersilaturahmi sekaligus perkenalan. Tak hanya tujuan pihaknya berkunjung ke Kutim untuk membahas langkah-langkah kedepan yang perlu dilakukan oleh pemerintah terkait persoalan kependudukan maupun keluarga berencana.

“Salah satu pembahasan diantaranya adalah beliau (Bupati Kutim) turut memikirkan bagaimana kesejahteraan tenaga lapangan yang masih perlu kontribusi daerah sekaligus mencukupkan tenaga itu,” jelas Edi ditemui usai bersua dengan bupati.

Perihal lain yang dibahas bersama adalah terkait kegiatan pelayanan serentak se-Indonesia kepada masyarakat guna memeriahkan Hari Keluarga Nasional (Harganas) pada 9 Juni 2020. Melibatkan IBI (Ikatan Bidan Indonesia) yang ada. Dijelaskan, bidan di Kaltim berjumlah 944 orang, sementara itu yang baru tersentuh untuk pelayanan keterampilan BKKBN hanya 10 persen.

“Kita pun memiliki imbauan menunda kehamilan bagi para ibu-ibu di masa (pandemic) Corona ini. Kami sempat berkunjung ke Puskesmas Teluk Lingga, Allhamdulillah mereka (nakes) memberikan pelayanan terbaik dan terus berlanjut. Ibaratnya tetap melakukan pelayan KB tapi tetap melakukan prosedur protokol kesehatan,” ujarnya.

Ia mengatakan nakes di Sangatta tidak menutup diri, namun membuka diri memberikan pelayan-pelayanan KB. Pasalnya kekhawatiran dimasa COVID-19 ini berdampak pada kelahiran manusia yang terlalu banyak melalui kehamilan para ibu-ibu.

BKKBN Kaltim yang selalu bermitra dengan IBI Kutim mengapresiasi para bidan-bidan yang selalu siap menjadi garda depan. Sebab nantinya dipastikan menyumbang tenaga dan pikiran dalam peringatan hari keluarga nasional.

Sebelumnya, Bupati Kutim H Ismunandar menyambut baik dan siap membantu untuk mensukseskan program BKKBN Kaltim dan skala nasional. Ismu pun mengapresiasi pimpinan BKKBN Kaltim tersebut.

“Mudah-mudahan kehadiran beliau ini terus memberikan semangat, terutama pada petugas lapangan dalam memberikan penyuluh keluarga berencana yang baik. Menjadi keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah,” kata orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut.

Menanggapi rencana BKKBN Kaltim, Bupati Kutim H Ismunandar pun menyanggupi. Untuk menunjang pelatihan dan pelaksanaan pelayanan di daerah. Namun ia meminta agar kegiatan tersebut dihelat jika pandemi COVID-19 berlalu. (hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here