Beranda Entertainment IPA Unit Muara Wahau II Resmi Beroperasi – Kapasitas 50L/Detik, Mampu Layani...

IPA Unit Muara Wahau II Resmi Beroperasi – Kapasitas 50L/Detik, Mampu Layani 4.000 SL

584 views
0

Plt Bupati Kutim H Kasmidi Bulang, didampingi Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan, Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutim Suparjan saat meresmikan IPA Kapasitas 50L/Detik, di Desa Nehas Liah Bing, Kecamatan Muara Wahau (Wak Hedir Pro Kutim) 

MUARA WAHAU – Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Kapasitas 50 liter/detik Unit Muara Wahau II Kabupaten Kutai Timur (Kutim) resmi beroperasi. Peresmian IPA yang mampu melayani 4.000 sambungan langganan (SL) ini diresmikan Plt Bupati Kutim H Kasmidi Bulang, Selasa (11/8/2020) di Desa Nehas Liah Bing, Kecamatan Muara Wahau.

Saat meresmikan, Kasmidi didampingi Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan, Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutim Suparjan. Peresemian IPA tersebut turut disaksikan para Asisten Seskab serta pejabat eselon di Lingkup Pemkap Kutim. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Camat Muara Wahau Ashari, Camat Kongbeng Furkani serta tamu undangan lainnya.

Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutim Suparjan dalam laporannya mengatakan sumber dana pembangunan IPA tersebut dari anggaran PDAM 2019. Dengan daya tampung yang ada, IPA ini mampu melayani 4.000 SL, atau setara dengan 20.000 jiwa yang ada di dua Kecamatan (Wahau dan Kongbeng). 

“Dengan alokasi 2.000 sambungan rumah di Kecamatan Muara Wahau dan 2.000 sambungan rumah di Kecamatan Kongbeng,” ungkapnya. 

Lebih jauh Suparjan menjelaskan, untuk Muara Wahau melayani warga di desa Nehas Liah Bing, Wahau Baru, Wana Sari dan Karya Bakti. Kemudian untuk di Kongbeng akan melayani warga Desa Marga Mulia, Makmur Jaya dan Suka Maju. 

“Kendala yang dihadapi saat ini masih kekurangan pipa di dua Kecamatan ini. Kami berharap kepada Bapak (Plt Bupati) agar pemasangan jaringan pipa dapat dilaksanakan pada 2021 nanti,” harap Suparjan. 

Ditempat yang sama, Plt Bupati H Kasmidi bersyukur diresmikannya IPA Kapasitas 50 liter/detik ini bisa melayani 4.000 sambungan langganan (SL). Walau masih belum mencukupi untuk melayani semua warga. Paling tidak yang tadinya tidak bisa menikmati air bersih sama sekali, sekarang sudah bisa merasakan. 

“Prestasi ini, merupakan kerja kita semua bahkan Bupati sebelumnya. Berkaitan dengan program pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat Kutim di 18 Kecamatan sampai ke Desa-Desa yang kita prioritaskan dan kita tingkatkan terus. Begitu pun sarana penerangan (listrik) ini juga kita maksimalkan terus,” jelasnya. 

Kepada masyarakat yang belum bisa terlayani, Kasmidi berharap agar bisa bersabar. Sebab, semua pemenuhan kebutuhan air bersih ini dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. 

“Terima kasih kepada PDAM Tirta Tuah Benua Kutim, serta Camat maupun TNI-POLRI yang sudah mendukung terlaksana pembangunan IPA tersebut. Pesan saya kepada Camat Muara Wahau, mari kita jaga suasana di daearah ini tetap kondusif,” tutupnya dalam acara yang tetap mengutamakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 itu. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here