Beranda Entertainment Semarakkan HUT Ke-21 Kutai Timur – IKA Perikanan Unmul-Kutim Bantu Nelayan Teluk...

Semarakkan HUT Ke-21 Kutai Timur – IKA Perikanan Unmul-Kutim Bantu Nelayan Teluk Kaba

243 views
0

Momen IKA Perikanan Unmul memberikan Apartemen Ikan. (ist)

SANGATTA- Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Perikanan Universitas Mulawarman (Unmul) – Kutai Timur (Kutim), tak mau ketinggalan menyemarakkan HUT ke 21 Kabupaten Kutim. Caranya sungguh berbeda dari biasanya. Yakni menyerahkan apartemen ikan pada kelompok nelayan “Teluk Kaba Bersatu”. Sebagai upaya pengembangan dan pelestarian sumber daya ikan. Dua paket apartemen ikan kepada pada Saharuddin, Ketua Kelompok Nelayan diserahkan langsung oleh Ketua IKA Perikanan Unmul – Kutim, Heldy Frianda.

“Tujuan dari bantuan ini selain turut melestarikan sumber daya ikan juga membantu masyarakat Kutai Timur khususnya nelayan dalam memudahkan mencari ikan, sebagai sumber penghidupan mereka sehari-hari,” kata Heldy.

Heldy Frianda menyampaikan, apartemen ikan merupakan rumah ikan yang disusun bertingkat. Sebagai tempat berkumpulnya ikan-ikan kecil dan sedang. Tujuannya ialah saat ikan-ikan berkumpul akan menarik perhatian ikan yang lebih besar. 

“Kalau dulu, apartemen ikan ini bahasa sederhananya disebut rumpon. Tentunya juga memudahkan nelayan terutama kelompok nelayan yang melakukan penjaringan atau memancing ikan,” ungkap Heldy, Kamis (22/10/2020).

Didampingi Sekretaris IKA Perikanan Unmul Kutim, Edward Hamdani dan Bendahara Lisa Komentin serta anggota IKA Perikanan Unmul lainnya, Heldi menjelaskan bahwa Kelompok Nelayan Teluk Kaba Bersatu merupakan salah satu kelompok nelayan yang aktif dengan usaha cukup berkembang. Sebab juga mengembangkan usaha penangkapan ikan serta budidaya rumput laut. 

“Mereka punya 10 anggota, yang juga memberdayakan para ibu rumah tangga dalam mengolah hasil perikanan,” tambahnya.

Masing-masing paket bantuan terdiri dari empat apartemen. Satu apartemen terdiri dari 10 box, 11 box hingga 12 box keranjang buah yang disusun ke atas. Dilengkapi dengan rumbai-rumbai yang terbuat dari tali rafiah berwarna merah dan kuning. Untuk menarik ikan–ikan agar berkumpul di dalam apartemen tersebut. Kemudian apartemen ikan ditenggelamkan bersama-sama di kedalaman sekitar 15-20 meter di sekitar perairan Desa Teluk Kaba. (hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here