Beranda Kutai Timur Kutim Sudah Jalankan Tiga Poin Pengembangan TIK – Dukung Kaltim Berdaulat Digital

Kutim Sudah Jalankan Tiga Poin Pengembangan TIK – Dukung Kaltim Berdaulat Digital

50 views
0

Momen Kepala Diskominfoperstik Kutim Suprihanto CES saat berbincang dalam Ngopi Sore garapan Diskominfo Kaltim. Tampak, Gubernur Kaltim Isran Noor membuka jalannya Rakorda dan berbagi podium bersama Kepala Diskominfo Kaltim M Faisal.(Ist)

BALIKPAPAN – Sebanyak 6 Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dari Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Timur (Kutim) dan Kutai Barat (Kubar) mengikuti kegiatan podcast Ngobrol Pintar dan Ispiratif (Ngopi Sore) gelaran Diskominfo Kaltim di Ballroom Novotel, Kamis, (17/6/2021) kemarin. Kegiatan ini juga bagian dari Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Bidang Kominfo Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kaltim yang dibuka secara langsung oleh Gubernur Kaltim Isran Noor.

Dalam kesempatan itu, Kepala Diskominfoperstik Kutim Suprihanto CES turut memberikan pandagannya terkait tema “Menuju Kaltim Berdaulat Digital”. Ia menegaskan memang sangat diperlukan sistem teknologi digital dalam menunjang percepatan program.

“Di Diskominfoperstik Kutim sendiri, kami sudah melakukan pencapaian kinerja salah satunya sudah memiliki portal Bank Data Kutim yang telah terintegrasi satu pintu, pengembangan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan tersedianya layanan informasi berbasis online,” jelasnya.

Selanjutnya, dalam pelayanan digital ke masyarakat Kutim, Diskominfoperstik Kutim sudah memfokuskan dalam 3 aspek seperti people, infrastruktur dan proses dengan menyentuh transformasi digital dari literasi terbawah. Selanjutnya, perluasan digitalisasi daerah membutuhkan kolaborasi aktif dan sinergi dari Pemprov Kaltim dan pemerintah daerah di kabupaten/kota.

“Menuju Kaltim Berdaulat Digital perlu dukungan real di lapangan yaitu membangun infrastruktur dan layanan TIK. Saya yakin, Kaltim diyakini mampu berdaulat secara digital dengan membangun infrastruktur dan layanan teknologi informasi yang saat ini sudah menjadi denyut nadi seluruh masyarakat dunia. Selain itu hal tersebut sudah menjadikan gaya hidup digital dominan di setiap sendi kehidupan,” bebernya.

Sebelumnya, dalam Rakorda ini Diskominfo Kaltim meluncurkan tiga program baru yakni Satu Data Kaltim, e-Magazine “Habar Etam” dan Podcast Ngopi Sore.

Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal menuturkan tiga program baru ini merupakan inovasi kelanjutan dari 9 program milik Diskominfo yang sebelumnya telah diluncurkan.

“Di bulan Juni ini sudah ada 12 program inovasi yang telah kami lakukan untuk mendukung kinerja pemerintah daerah terutama menuju transformasi digital,” ucapnya.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Samarinda itu juga menegaskan dari Rakorda ini akan memberikan gambaran kebijakan, strategi dan perencanaan program kegiatan Diskominfo secara nasional serta mensinergikan program yang ada di provinsi dan kabupaten/kota.

“Tercapainya satu pemahaman atau persepsi kebijakan, sinkronisasi, sinergitas dan menginventarisir permasalahan dan mencari solusi pemecahannya,” ulasnya.

Senada, Gubernur Kaltim Isran Noor mengarahkan agar seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat berkompetisi untuk kemajuan teknologi dan informasi.

“Tidak ada pilihan lain, apa yang dilakukan saat masih tertinggal jauh di belakang pada pelaksana kegiatan teknologi itu sendiri,” ungkap Isran.

Sekarang ini masyarakat dituntut bagaimana memacu kecepatan menandingi sebuah implementasi kemajuan teknologi komunikasi dan informasi dari program yang dilakukan.

“Paling tidak kegiatan hari ini memberikan dukungan penyelenggaraan kegiatan TIK,” pintanya.(hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here