Beranda Pendidikan Disdik Kutim Sosialisasi Penyelenggaraan Asesmen Jenjang SMP

Disdik Kutim Sosialisasi Penyelenggaraan Asesmen Jenjang SMP

186 views
0

SANGATTA – Pendidikan adalah hal fundamental sebuah bangsa untuk bisa berkembang dan bergerak maju. Tak ayal, pemerintah terus mendorong sektor pendidikan supaya dapat mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Guna membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul. 

“Apapun kebijakannya, keyword (kata kunci) nya adalah meningkatkan sumber daya manusia,” kata Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman di hadapan peserta Sosialisasi Penyelenggaraan Asesmen jenjang SMP garapan Dinas Pendidikan (Disdik) di Hotel Royal Victoria, Sabtu (13/11/2021) pagi. 

Pemkab Kutim juga terus maksimal mendukung upaya tersebut melalui program lainnya. Yaitu melaui program unggulan “Kutim Merdeka Sinyal”. Agar SDM dibidang pendidikan semakin meningkat. Sebab, apabila akses teknologi informasi (TI) dan internet semakin mudah didapat, maka tentunya para pengajar dan siswa tak akan tertinggal dalam pemanfaatan teknologi saat ini hingga nanti.

Ardiansyah berharap, upaya-upaya konkret yang dilalukan Disdik Kutim dapat menghapus persoalan dasar bidang pendidikan. Sebab perlahan namun pasti mutu dan kualitas pendidikan semakin meningkat. Tak hanya sarana maupun prasarana, tapi juga SDM.

Ditempat yang sama Ketua Panitia, Ashari mengatakan, kegiatan ini diikuti 74 peserta. Terdiri dari Kepala Sekolah dan Proktor (pengawas) utama dari dua zona (2 dan 4) di kabupaten Kutim. 

“Dari Kecamatan Sangkulirang, Sandaran, Kaliorang, Kaubun, Karangan, Batu Ampar, Muara Bengkal, Muara Ancalong, Long Mesangat serta Busang,” jelasnya.

Acara ini juga dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi pemenang lomba kompetisi sains nasional ( KSN) SMP tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang dilombakan secara daring (virtual). 

Mengutip kemendikbud.go.id asesmen nasional adalah penilaian mutu sekolah, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang dasar serta menengah. Penilaian ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan informasi akurat. Adapun  hasil asesmen nasional adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh fasilitas pendidikan di Indonesia. Peta kualitas ini menjadi cermin untuk mempercepat perbaikan mutu pendidikan di Indonesia. (hms8/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here