Beranda Kutai Timur Masjid Agung Al Faruq Jadi Posko Pengungsian – Disediakan Tenda Darurat, Makan...

Masjid Agung Al Faruq Jadi Posko Pengungsian – Disediakan Tenda Darurat, Makan Hingga Layanan Kesehatan

229 views
0

SANGATTA- Penanggulangan banjir bandang yang menenggelamkan hampir seluruh rumah warga Sangatta Utara dan Selatan terus dilakukan. Terkini, Pemkab Kutim telah menyulap pelataran Masjid Agung Al Faruq Komplek Islamic Center di Bukit Pelangi sebagai fasilitas evakuasi bagi warga terdampak banjir.

Minggu (20/3/2022), hari ini tenda-tenda darurat sudah berdiri rapi dengan fasilitas tempat tidur darurat. Setidaknya ada 14 sampai 16 tempat tidur disiapkan di setiap tenda. Personel TNI AL dari Makolanal sudah sibuk mempersiapkan fasilitas pengungsian sejak Sabtu (19/3/2022) kemarin. 

Melengkapi fasilitas pengungsian, Pemkab bersama lainnya juga menyiapkan jatah makan bagi warga yang sudah berada di pengungsian. Ratusan warga sudah merapat ke Masjid Agung Al Faruq sejak kemarin. Diperkirakan hari ini bakal bertambah. Jika melihat belum adanya tanda banjir akan surut.

“Silakan masyarakat, apabila memungkinan bergeser ke Masjid Agung Al Faruq. Di sini telah disiapkan tenda darurat untuk pengungsi,” imbau Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman yang melakukan peninjauan di lokasi tersebut.

Selain itu, Pemkab juga mengerahkan petugas kesehatan untuk membantu menjaga kesehatan warga. Ardiansyah menyebut saat ini tim gabungan tanggap darurat kebencanaan Kutim di lapangan belum berhenti melakukan proses evakuasi warga atau membantu operasional di posko bantuan. Apabila belum tertangani, Bupati memohon maaf dan meminta masyarakat untuk bersabar. Sebab, tim evakuasi terus berupaya melakukan yang terbaik di lokasi banjir. Konsentrasi membantu penanganan bencana di titik banjir mulai dari yang paling parah.

“Mohon masyarakat tetap waspada. Karena selain banjir juga ada bahaya lainnya. Yaitu bahaya binatang buas seperti buaya yang memang banyak terdapat di Sangatta,” imbau Ardiansyah.

Sampai berita ini diturunkan, banjir di Sangatta Utara maupun selatan belum menunjukkan tanda akan surut. Bahkan dengan turunnya hujan terus menerus, ketinggian genangan air terus meningkat. Pemkab dan stakeholder hingga relawan partai tertentu terlihat bahu membahu membangun posko dan menyalurkan bantuan. Khususnya makanan, selimut hingga obat-obatan. (kopi3)

Berikut Posko yang sudah beroperasi untuk membantu warga korban banjir 

Sangatta Utara :

  1. Gedung Muhammadiyah
  2. Masjid Agung Al Faruq
  3. GOR Swarga Bara

Sangatta Selatan:

  1. Masjid Babussalam
  2. Puskesmas Sangatta Selatan
  3. BPU Desa Sangatta Selatan
  4. SDN 001 dan 002 Sangatta Selatan
  5. Terminal Umum Km 3
  6. SMK Singa Geweh
  7. Rumah Ketua RT 02 Sangatta Selatan

Apabila memungkinkan, warga diimbau untuk melakukan evakuasi ke posko terdekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here