Beranda Kutai Timur Pascabanjir, Tim Fokus Recovery dan Bersihkan Fasilitas Umum

Pascabanjir, Tim Fokus Recovery dan Bersihkan Fasilitas Umum

74 views
0

Kegiatan Dapur Umum di kantor desa Singa Gembara. Foto: Ist

SANGATTA- Bupati Ardiansyah Sulaiman menyatakan secara umum beberapa lokasi terdampak banjir di Kecamatan Sangatta Utara dan Selatan sudah mulai kering, selanjutnya,mulai hari ini, Kamis,(24/3/2022) tim tanggap darurat banjir akan me-recoveri dan membersihkan beberapa fasilitas umum yang terdampak bencana ini seperti Puskesmas, rumah ibadah, sekolah dan jalan.

“Seluruh kekuatan dan armada akan dikerahkan untuk kegiatan ini. Dari laporan yang ada, beberapa rumah ibadah yang terdampak sudah dibersihkan masyarakat, begitu juga dengan gedung sekolah. Karena masih libur, jadwalnya akan menyesuaikan. Sementara tim akan memprioritaskan Puskesmas dan sepanjang jalan Yos Sudarso, “jelas Ardiansyah didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang. di ruang Posko Utama tanggap darurat banjir, Kamis, (24/3/2022)

Signifikansi penurunan di hampir sebagian besar lokasi terdampak banjir sudah terasa. terutama di Kecamatan sangatta utara. Hampir 80 persen sudah kering, hanya ada beberapa titik yang masih tergenang. Sehingga diperlukan skenario atau rekayasa terkait dengan kebutuhan sehari-hari.

“Untuk wilayah Sangatta Utara, permintaan makanan siap saji dari dapur umum yang didirikan oleh masyarakat sudah tidak ada lagi. Namun laporan yang masuk ke dapur umum yang dikelola oleh tim tanggap darurat Dinas Sosial,bersama TNI Polri masih ada permintaan.

Selanjutnya tim tanggap darurat banjir akan menghitung kemampuan logistik baik yang ada di BPBD maupun Dinas Sosial, apakah memungkinkan pemberian paket sembako kepada masyarakat terdampak.

“Karena sebagian besar masyarakat terdampak sudah pulang ke rumah, ada rencana membagikan paket sembako, tetapi kita akan kalkulasi terlebih dahulu kemampuan kita. Dari data yang disampaikan oleh Camat Sangatta Utara, ada 11 ribu KK. Tetapi tidak semua akan mendapatkan, tim akan survey, keluarga mana yang layak mendapatkan bantuan. Jadi datanya harus akurat, “tegasnya.(kopi 4)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here