Beranda Kutai Timur Sail Sangkulirang Ajang Promosi Maritim dan Ekowisata Internasional

Sail Sangkulirang Ajang Promosi Maritim dan Ekowisata Internasional

327 views
0

Rapat koordinasi penyusunan proposal dipimpin Pj. Sekretaris Kabupaten, Yuriansyah didampingi Komandan Lantamal Sangatta, Letkol (P) I Komang Nuradi dan Sekretaris Bappeda Kutim Noviari Noor, Di gedung aula Bappeda. Foto: Ist

SANGATTA- Sebuah event besar promosi kemaritiman dan ekowisata internasional bakal digelar di Kutai Timur (Kutim) pada Oktober 2024 bertajuk Sail Sangkulirang. Pemkab Kutim akan bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan serta TNI-AL dalam menggarap hajatan besar ini.

Rapat koordinasi penyusunan proposal tersebut dipimpin Pj. Sekretaris Kabupaten, Yuriansyah didampingi Komandan Lantamal Sangatta, Letkol (P) I Komang Nuradi dan Sekretaris Bappeda Kutim Noviari Noor.

Persiapan awal sudah disusun melalui penyusunan “Proposal Sangkulirang 2024” dengan melibatkan hampir semua OPD, Lantamal Sangatta dan pihak swasta. Penyusunan proposal tersebut dibahas dalam rapat koordinasi yang digelar di gedung aula Bappeda, Rabu (23/3/2022).

“Event kemaritiman yang berskala internasional ini harus dipersiapkan dengan matang, makanya hampir semua OPD dilibatkan, termasuk TNI-AL yang sudah berpengalaman menyelenggarakan kegiatan seperti ini, contohnya Sail Bunaken di Sulawesi Utara pada 2009, Sail Komodo di NTT 2013 lalu,” jelas Yuriansyah.

Dia meminta kepada semua OPD terkait agar melengkapi draft tugas dan fungsi yang masih kosong terkait kondisi prasarana pendukung, energi listrik, BBM, air bersih dan lainnya agar dipenuhi sebelum dilakukan presentasi di hadapan Aspotmar (Asisten Pembinaan Potensi Maritim) TNI-AL pada 28 Maret 2022.

Besarnya potensi bahari dan ekowisata dan kearifan lokal yang dimiliki Kutim sebagai penggerak perekonomian di luar sektor pertambangan akan dipromosikan dalam gelaran Sail Sangkulirang ini.

“Tujuan utama dari Sail Sangkulirang adalah sebagai media promosi potensi bahari, ekowisata dan kearifan lokal yang dimiliki Kutim kepada dunia internasional agar mereka mau berinvestasi di sini, ” jelas Noviari Noor mantan Kabag Pembangunan ini.

Manfaat dari Sail Sangkulirang 2024 ini adalah menegaskan pentingnya posisi Kutim sebagai wilayah strategis sebagai penyangga Ibukota Negara (IKN) Nusantara, mendorong pemerintah, masyarakat dan para pemangku kepentingan secara bersama-sama membangun sektor kemaritiman, pariwisata dan sektor-sektor lainnya.

“Ada beberapa masukan dari OPD yang sangat penting dipertimbangkan yakni waktu pelaksanaan dan skema dan lokasi kegiatan. Dengan mempertimbangkan pandemi COVID-19 yang masih ada, jadwal pelaksanaan pilpres, pilkada dan pileg maka direncanakan pada Oktober 2024 mendatang. Soal skema ini gaungnya internasional, sementara puncak acara dipusatkan di kawasan MBTK- Maloy di Kecamatan Kaliorang, “tambah Noviari.

Sebelumnya, Komandan Lanal Sangatta, Letkol (P) I Komang Nuradi menjelaskan bahwa event berskala internasional ini harus jauh jauh hari dipersiapkan.

“Kita harus menyamakan frekuensi, persiapannya harus se-detail mungkin. Hal-hal sepele jangan diabaikan, karena event ini internasional,tentu akan mengundang tamu tamu penting seperti presiden dan jajaran kabinetnya. Bukan saja mengurus siapa yang diundang tetapi juga jumlahnya. Jadi persiapannya harus rinci, detail, “ujarnya.

Kita masih punya waktu 1,5 tahun untuk mensinkronkan antara Pemkab dan Pemprov dan kementerian terkait. “Jadi langkah kita harus jelas, apakah ini Sail internasional atau di bawahnya,” tambahnya. (kopi4).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here