Beranda Entertainment Kunker Bupati Kutim ke Kaliorang – Ngabuburit di Maloy, Buka Puasa di...

Kunker Bupati Kutim ke Kaliorang – Ngabuburit di Maloy, Buka Puasa di Dalam Tambang

171 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman melakukan cek ricek  kesiapan operasional dan kemanfaatkan Pelabuhan KEK MBTK. (Fujin Pro Kutim)

KALIORANG – Sesuai jadwal yang direncanakan, Jumat (8/4/2022), Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman didampingi Wabup H Kasmidi Bulang bertolak ke Kecamatan Kaliorang untuk melakukan kunjungan kerja. Guna memantau kesiapan operasional dan pemanfaatan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK).

Beberapa Kepala OPD pun diajak turut serta dalam kunjungan ini. Mulai dari Pj Seskab Kutim Yuriansyah, Kepala Bappeda Suprihanto, Kepala DPM-PTSP Teguh Budi Santoso, Kadishub Rizali Hadi, hingga Camat Sangkulirang dan Kaliorang. Ada pula dari unsur Forkopimda seperti Ketua DPRD Kutim H Joni, Wakil Ketua DPRD Kutim Arfan, Anggota DPRD Kutim Agusriansyah, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi Serta beberapa lainnya.

Pejalanan darat dari Sangatta dimulai pukul 14.15 WITA dan sampai sekitar pukul 16.10 WITA. Iring-iringan mobil berderet melintas jalan Trans Kalimantan dipandu mobil pengawalan dari Dishub. Perjalanan ini sekaligus melihat kondisi terkini jalan yang hampir seluruhnya mulus. Meskipun ada beberapa titik yang harus dibenahi. Tiba di area perkantoran KEK MBTK, rombongan langsung melaksanakan Salat Ashar berjamaah di musala yang tersedia.

Setelah itu barulah rombongan berangkat menuju ujung pelabuhan internasinal yang jaraknya kurang lebih 1,5 kilometer dari area perkantoran KEK MBTK. Sesuai rencana, Bupati beserta lainnya “ngabuburit” (dalam bahasa Sunda artinya kegiatan menunggu waktu berbuka puasa), sembari melihat langsung kondisi terbaru proyek yang digagas sejak zaman Bupati Awang Faroek Ishak tersebut. Setidaknya Bupati menghabiskan waktu 1,5 jam melihat-lihat berbagai sisi KEK MBTK dan area pelabuhan internasional. Melakukan diskusi dengan jajaran Perusda Melati Bhakti Satya dan lainnya. Sambil meluangkan waktu untuk memberikan keterangan kepada awak media.

“Ya, jadi kunjungan hari ini memastikan sebentar lagi untuk Palma Serasih akan membongkar peralatannya, untuk bersiap memanfaatkan KEK MBTK sebagai tangki timbun (bulking station) Crude Palm Oil (CPO),” tegasnya didampingi Wabup Kasmidi Bulang, Pj Seskab Yuriansyah, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, Kepala DPM-PTSP Kutim Teguh Budi Santoso dan sejumlah pejabat terkait, sore menjelang magrib.

Selesai peninjauan, pukul 17.30 WITA rombongan langsung “balik kanan” untuk mengejar waktu berbuka puasa. Sebagai bentuk silaturahmi, perusahaan tambang batu bara PT Indexim menfasilitasi jajaran Pemkab Kutim untuk berbuka puasa bersama di sebuah masjid di area tambang mereka. Rombongan kunker Bupati Kutim disambut hangat oleh segenap manajemen dan karyawan PT Indexim yang mengenakan pakaian kerja khas perusahaan tambang warna oranye.

Tiba waktu berbuka puasa, kurang lebih Pukul 18.18 WITA, sajian kurma, kue, buah dan hidangan pembuka lainnya yang telah disajikan disantap bersama. Tak lama, seluruh undangan yang hadir bersama karyawan perusahaan lantas berbegas Salat Magrib berjamaah. Bupati Kutim yang oleh warga dikenal sebagai Ustaz pun diminta menjadi imam Salat Magrib senja itu. Bakda Magrib, barulah seluruh jamaah santap malam bersama. Rampung mengisi perut secukupnya, di masjid yang nampaknya baru selesai dibangun dan belum diberi nama tersebut, rombongan kunker Bupati Kutim dan jamaah lainnya lalu melaksanakan ibadah Salat Isya dan melengkapinya dengan Tarawih berjamaah di imami Camat Kaliorang Bainahum.

Seluruh jadwal dan rangkaian kunjungan kerja yang ditutup dengan Salat Tarawih berjamaah ini berakhir Pukul 20.30 WITA. Kemudian rombongan langsung kembali ke Sangatta. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here