Beranda Infrastruktur Lima Kecamatan Rakor Bahas Jalan Pedalaman – Alat Berat Perusahaan Siap Diturunkan Tuk...

Lima Kecamatan Rakor Bahas Jalan Pedalaman – Alat Berat Perusahaan Siap Diturunkan Tuk Perbaikan

274 views
0

Jalan pedalaman di Kutim siap diperbaiki menggunakan bantuan alat berat dari perusahaan. Foto: ist

MUARA BENGKAL- Pemerintahan lima kecamatan yakni Muara Bengkal, Muara Ancalong, Long Mesangat, Batu Ampar dan Busang duduk bersama melakukan rapat koordinasi (rakor) membahas kerusakan jalan di wilayah pedalaman Kutai Timur (Kutim). Rakor yang bertujuan mengoptimalkan arus mudik lebaran Idul Fitri 2022 di daerah pedalaman Kutim) tersebut dilangsungkan di Gedung PNPM Desa Muara Bengkal Ulu, Rabu (13/4/2022). Agenda rakor ini membahas dan mencari solusi terkait perbaikan jalan penghubung antar lima kecamatan yang terletak di titik jalan libas arah Batu Ampar Kilometer 6 serta jalan di Kilometer 49.

Camat Muara Bengkal Norhadi melaporkan bahwa pihaknya sudah melakukan rakor dengan Camat Muara Ancalong, Long Mesangat, Batu Ampar dan Busang. Selain perwakilan lima camat yang hadir, rapat ini turut dihadiri Dishub Kutim, pemerintahan desa setempat, BPD, lembaga adat, sejumlah perwakilan perusahaan dan tokoh masyarakat. Termasuk melibatkan perusahaan-perusahaan yang operasionalnya di wilayah pedalaman. Hasilnya ada sejumlah poin penting dalam rakor yang disepakati. 

“Untuk jalan di Kilometer 6 ke Kilometer 23 ditutup sementara selama perbaikan dan (lalu lintas) dialihkan melalui jalan alternatif melewati Pos Kilometer 49 ke Kilometer 23. Selain perbaikan jalan Kilometer 6 ke Kilometer 23 juga dilakukan perbaikan badan jalan lainnya. Sesuai dengan pembagian dan wilayah kerja perusahaan masing-masing,” kata Norhadi kepada Pro Kutim. 

Kemudian ia menambahkan, PT Surya Hutani Jaya sudah sepakat dan mendukung untuk menyiapkan alat berat bomag, drum roller, excavator dan greder. Berikutnya PT Telen Prima Sawit juga melakukan hal yang sama. Selanjutnya disusul PT Nala Palma Cadusa, PT Mahakam Persada Sakti dan PT Hamparan Perkasa Mandiri menyiapkan alat berat dan material perbaikan jalan. Berikutnya, ada juga bantuan dari Ketua BPD Desa Benua Baru yang menyediakan 1 unit Dump Truck. Ditambahkan Norhadi, manajemen PT Telen Prima Sawit berkomitmen melakukan perbaikan jalan dari Desa Benua Baru di Kilometer 6 sampai dengan Kilometer 23. 

Dalam rapat itu juga disepakati jika kondisi hujan, mobilisasi truk CPO hanya diperbolehkan melintas hanya yang beroda 6, lebih dari itu dilarang. Untuk menjaga kondisi ruas jalan agar dapat terus digunakan, juga dibentuk tim perbaikan dan perawatan jalan. Tak lupa, Norhadi mengimbau masyarakat pengguna jalan agar sementara waktu tak melintas jalan saat kondisi hujan.

“Kami minta jangan melintas dulu dan jangan dipaksakan selama 2 jam pascahujan,” katanya mengingatkan. (kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here