Beranda Nasional Hari Kartini, Pajriah Sabri Tagor Raih Penghargaan Nasional – Perempuan Kutim Berjasa...

Hari Kartini, Pajriah Sabri Tagor Raih Penghargaan Nasional – Perempuan Kutim Berjasa di Bidang Sosial Budaya

203 views
0

Pajriah Sabri Tagor sukses menerima penghargaan sebagai perempuan berjasa dan berprestasi bidang sosial budaya, bersama kaum hawa dari berbagai bidang di seluruh Indonesia. (ist)

SAMARINDA- Momentum peringatan hari Kartini 21 April 2022 ini digunakan oleh Pemerintah Pusat melalui Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) untuk memberikan penghargaan bagi perempuan berjasa dan berprestasi dari berbagai bidang di seluruh Indonesia, tak terkecuali para perempuan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Kegiatan pemberian penghargaan ini dipusatkan di Istana Negara di Jakarta secara luring dan dilaksanakan serentak diseluruh ibukota provinsi se Indonesia secara daring melalui zoom cloud meeting. Kegiatan di Jakarta dipimpin Ibu Negara Ny Hj Iriana Joko Widodo didampingi Ny Hj Wury Estu Ma’ruf Amin selaku Pembina OASE-KIM. Khusus di Kaltim, puncak Peringatan Hari Kartini tahun 2022 di gelar di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (21/4/2022).

Ada sepuluh perempuan diberi penghargaan dalam momen ini. Salah satunya dari Kabupaten Kutai Timur (Kutim) kepada Pajriah Sabri Tagor untuk bidang sosial budaya. Namun karena berhalangan hadir disebabkan sakit, penerimaan penghargaan untuk Pajriah diwakili Femmy Sarah Martha, yakni Analis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Pelembagaan Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Bidang Kualitas Keluarga Data Informasi, dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kutim. Setelah diterimakan, keesokan harinya, penghargaan dimaksud langsung diserahkan kembali kepada Pajriah.

Femmy Sarah Martha mewakili Kepala Dinasnya mengaku bangga dan mengapresiasi atas penghargaan yang diterima Pajriah. Sebab selama ini Pajriah memang dikenal sebagai perempuan tangguh yang aktif dalam kampanye pelestarian lingkungan di Kutim.

“Kami berharap prestasi yang dicapi ibu Pajriah bisa memicu motivasi perempuan lain di Kutim untuk terus berbuat lebih baik lagi untuk pembangunan di daerah dan masyarakat,” kata Femmy.

Sebelumnya, penghargaan dan plakat kepada perempuan berjasa dan berprestasi diserahkan oleh Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Provinsi Kaltim HM Agus Hari Kesuma mewakili Gubernur Kaltim. Didampingi Wakil Ketua TP PKK Provinsi Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi. Penghargaan diberikan berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 003.1/2701/OTDA yang diterbitkan 14 April 2022.

Ditempat berbeda, Ketua TP PKK Kutim Ny Hj Siti Robiah saat dihubungi melalui sambungan telpon mengatakan sangat bangga dan mengapresiasi capaian prestasi yang diraih Pajriah. Sejak dulu, Robiah mengenal Pajriah sebagai perempuan aktif mengembangkan inovasi pengelolaan limbah sampah agar ramah lingkungan. Menjadikannya pupuk organic bio enzim atau eco enzyme.

“Kiprah (Pajriah) sudah tidak diragukan lagi. Saya kira beliau pantas menerima penghargaan itu,” tegas Robiah yang saat dihubungi sedang dalam perjalanan keluar kota.

Ditambahkan Robiah yang merupakan istri Bupati Kutim, sebenarnya Pajriah sudah menginspirasi sejak lama. Tepatnya saat masih aktif di kepengurusan TP PKK Kecamatan Sangatta Utara. Kini, walaupun sakit ternyata masih sanggup berprestasi. Untuk itu dia mengajak para perempuan di Kutim untuk terus berbuat yang terbaik untuk diri sendiri, keluarga dan daerah. Dalam bidang apapun yang memberi manfaat bagi masyarakat.

“Bisa dengan menggiatkan program Dasa Wisma yang meliputi 10 program TP PKK. Contohnya dengan mandiri dengan membangun usaha kecil rumah tangga dan lainnya,” kata Robiah seraya mengajak terus perempuan berdaya.

Intinya, sambung Robiah, kaum perempuan harus terus berupaya melakukan inovasi dan konsisten melakukan hal-hal baik yang secara langsung maupun tidak berdampak para kemajuan pembangunan.

Agus Hari Kesuma usai penyerahan penghargaan menjelaskan, hari Kartini merupakan salah satu wujud kebanggaan dan penghargaan pemerintah terhadap jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan hak-hak perempuan. Sehingga saat ini perempuan bisa maju dan memperoleh hak yang sejajar dengan kaum laki-laki.

Agus menambahkan, momentum peringatan Hari Kartini ke-144 tahun 2022 ini dapat diambil hikmahnya yaitu mencontoh dan meneladani semangat Kartini, semua dituntut berperan serta dan berpartisipasi dalam berbagai program pembangunan di daerah.

“Atas nama Pemprov Kaltim, kami mengucapkan selamat dan apresiasi kepada sepuluh perempuan yang telah menerima penghargaan dari masing-masing kabupaten dan kota yang telah berjasa dan berprestasi dalam pembangunan, semoga penghargaan ini mampu menginspirasi kaum Kartini lainnya untuk berkontribusi dalam berbagai program pembangunan di daerah,” pesan Agus Hari Kesuma. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here