Beranda Entertainment Dishub Kutim dan KPC Perkuat Sinergi di Lapangan

Dishub Kutim dan KPC Perkuat Sinergi di Lapangan

84 views
0

Momen silaturahmi dan bukber Dishub Kutim dan KPC di Rooftop Q Hotel di Jalan Yos Sudarso. Foto: Wahyu Tejo/Pro Kutim

SANGATTA – Di momen silaturahmi dan buka puasa bersama (bukber) Dinas Perhubungan (Dishub) Kutim dan PT Kaltim Prima Coal (KPC), Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman meminta jajaran Dishub dan KPC terus memperkuat sinergi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab di lapangan.

“Hal ini harus dilakukan secara stimultan oleh Dishub dan KPC dalam penanganan soal alur transportasi di jalan. Agar masyarakat yang melintas dapat berkendara secara nyaman,” ucapnya dalam sambutan singkatnya di Rooftop Q Hotel Jalan Yos Sudarso, Rabu (27/4/2022).

Dalam kesempatan itu, Ardiansyah juga menegaskan bahwa Pemkab Kutim tengah serius berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk membangun jembatan timbang, melihat begitu padatnya lalu lintas angkutan jalan di jalan protokol Sangatta. Dia menyebut kepadatan lalu lintas itu menunjukkan meningkatnya kegiatan ekonomi masyarakat Kutim. Tentunya karena Kutim menjadi lintasan Kaltim dan Kaltara. 

“Jadi memang ke depan, saat ini yang menjadi atensi penting terkait dukungan Kemenhub, untuk itu saya minta Dishub mengawal hal ini dengan segera menyiapkan penyertaan lahan dan juga data penting untuk disampaikan ke Kemenhub,” jelas Ardiansyah.

Kemudian, hal kedua yakni hubugannya dengan KPC, Dishub diminta tetap memonitoring arus lalu lintas bis KPC yang mengangkut karyawan. Apalagi arusnya sangat bersinggungan dengan lalu lalang kendaraan masyarakat, terutama di jalan protokol Yos Sudarso. Bupati berharap ke depan ada konsep atau skema terbaik untuk bisa mengurai kemacetan dengan jalur alternatif di kota Sangatta. 

“Mudah-mudahan hubungan Dishub dan KPC terus berlangsung baik dengan saling membutuhkan dan mempercayai,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kutim Rizali Hadi mengutarakan bahwa selama ini pihaknya selalu bekerja sama dengan baik bersama KPC. Meliputi banyak hal, terutama untuk kepentingan jalan dan pengaturan rambu-rambu lalu lintas. 

“Selama ini, jika Dishub mengalami kesulitan dan mengalami keterbatasan, KPC selalu siap membantu dan selama ini selalu direalisasikan,” ulasnya.

Rizali menegaskan kerja sama yang sudah terjalin baik diharapkan kompak dan ke depan semakin hari tetap solid dalam menjalankan tugas serta koordinasi di lapangan. Rizali mengaku kerap mengimbau kepada jajaran petugas Dishub di lapangan untuk tetap saling peduli satu sama lain. Terkait rambu-rambu yang kurang pas atau ada yang mengalami  kerusakan disampaikan ke perusahaan terkait.

“Ini memang menjadi tupoksi Dishub dalam pengawasan,” bebernya.

Senada, Acting GM ESD PT KPC Yorden Ampung mengatakan, kegiatan ini tujuan utamanya untuk merekatkan jaringan bersama Dishub yang merupakan mitra strategis KPC. Khususnya dalam operasional perusahaan tambang. Karena langsung bersentuhan dengan tupoksi KPC. Ada dua hal, pertama yang berkaitan dukungan Dishub terhadap proses blasting.

“Dalam proses blasting, petugas Dishub membantu KPC dalam hal pengamanan blokade jalanan umum radius yang dikategorikan berbahaya untuk dilintasi. Untuk itu, jalan harus ditutup sementara,” urainya.

Hal kedua, yakni Dishub selalu ada di lapangan untuk membantu penanganan jika terjadi crowded (kerumunan) bis yang mengangkut karyawan KPC saat melintas di jalan protokol dengan mengantisipasi tidak terjadi kemacetan. Untuk itu dilakukan rekayasa lalu lintas jalan agar bisa dilalui. 

“Hal ini terus konsisten dilakukan petugas Dishub. Ke depan, jalinan interaksi komunikasi dalam hal koordinasi tetap terjalin,” ujarnya. (kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here