Momen penyerahaan paket sembako kepada muzakki. (Ist)

SANGATTA – Selama bulan ramadan 1443 hijiriah, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kutai Timur (Kutim) telah menunaikan penyaluran 800 paket sembako. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Ketua 2 BAZNAS Moh Abdullah mewakili Ketua BAZNAS, saat dikonfirmasi tim Pro Kutim melalui sambungan telepon, Jumat (29/4/2022). 

“Total semua yang disalurkan selama Ramadan ada 800 paket sembako,” kata Abdullah menegaskan. 

Pada Kamis (28/4/2022) lalu, BAZNAS menyalurkan 270 paket sembako. Diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman kepada petugas di Masjid Agung Al Faruq sebanyak 39 paket. Kemudian 38 paket sembako didistribusikan kepada petugas UPT Pertamanan dan Pemakaman Sangatta Utara serta 10 paket sembako untuk petugas UPT serupa di Sangatta Selatan. Berikutnya juru parkir dan OB Setkab 19 paket sembako, pengurus Rujab 30 paket dan 59 paket untuk petugas di UPT Pasar Induk Sangatta Utara. 

“Lansia di (desa) Singa Gembara sebanyak 26 paket, di Posyandu Bina Sehat 41 paket serta Posyandu RT 24 Singa Gembara 26 paket sembako,” imbuhnya. 

Abdullah mengutarakan lansia yang keberadaannya terpencar atau belum terkoordinir bakal mendapatkan paket sembako hari ini. Melalui penyaluran langsung oleh petugas menggunakan sepeda motor. Sebab tempat mereka terpencil yang menjadikan tantangan bagi petugas. Diperkirakan ada 43 lansia yang menerima manfaat zakat. Selanjutnya juga termasuk operasional rutin untuk Ponpes, Tahfidz Qur’an di 24 titik sudah disalurkan semua pada Ramadan kali ini. 

“Terdiri dari beras 3 karung (masing-masing 25 kilogram), kemudian uang sebesar Rp 1,5 juta per Ponpes atau Tahfidz Qur’an di Sangatta Utara dan Selatan,” pungkasnya. (kopi7/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here