Beranda Keagamaan Dinkes Siapkan Dokter Spesialis, Jelang Operasional RS Pratama Muara Bengkal

Dinkes Siapkan Dokter Spesialis, Jelang Operasional RS Pratama Muara Bengkal

258 views
0

Kadinkes Kutim dr Bahrani Hasanal (Foto Ronall J Warsa Pro Kutim)

SANGATTA – Menjelang rampung dan beroperasinya Rumah Sakit Pratama Muara Bengkal, Dinas Kesehatan Kutim akan mempersiapkan penempatan dokter-dokter sebagai penunjang utama layanan kesehatan. Diantaranya 4 orang dokter spesialis dan 1 orang spesialis anastesi.

“Pertama dokter obgyn (obstetri dan ginekologi, red) kandungan, lalu dokter anak, dokter penyakit dalam, dan keempat adalah dokter bedah. Untuk dokter kandungan dan bedah, kalau tidak ada spesialis anastesinya, tentu akan menghambat pelayanan,” jelas Kadinkes Kutim dr Bahrani yang merupakan salah seorang dokter senior di Kaltim ini.

Tentu dengan pengalaman saat mendirikan RSUD Kudungga, termasuk RSUD Sangkulirang pada beberapa waktu lalu. Dinas Kesehatan Kutim juga akan memperlakukan persiapan yang sama pula. Sehingga tidak akan menjadi persoalan berarti. Dalam menjalankan RS Pratama Muara Bengkal yang akan beroperasi pada akhir tahun 2022 mendatang.

“Alat kesehatan dibantu dari Dana Alokasi Khusus. InsyaAllah RS Pratama Muara Bengkal, jika sudah rampung langsung bisa dioperasikan. Mengingat alkesnya sudah ada, SDM-nya sudah siap, sehingga tidak akan terkendala dengan hal-hal prinsip pengoperasionalannya,” terang Kadinkes Kutim.

Dihubungi terpisah, Camat Muara Bengkal Norhadi menyebutkan posisi RS Pratama Muara Bengkal berada di Km 6 dan kehadirannya sudah sangat dinanti oleh masyarakat di pedalaman Kutim. Sangat dibutuhkan, karena selama ini ketika ada warga yang sakit, dipastikan di rujuk ke RSU Kudungga Sangatta. Selain posisinya jauh, keluarga pasien juga dipastikan menambah ongkos makan dan menginap yang lumayan besar.

“Gedung rumah sakit telah dibangun sejak dua tahun lalu. Jika diihat sekarang ini baik fondasi hingga atap bangunan telah selesai dikerjakan. Besar harapan ketika rumah sakit dipergunakan. Maka harus ditunjang pula dengan peningkatan kualitas jalan di pedalaman,” jelas Norhadi.

Perlu pembaca ketahui, RS Pratama Muara Bengkal nantinya selain akan mendukung pelayanan kesehatan di kecamatan tersebut, juga mampu menjaring pelayanan kesehatan untuk wilayah kecamatan sekitarnya. Mulai dari Muara Ancalong, Busang, Long Mesangat, hingga Batu Ampar. (kopi5/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here