Beranda Pemerintahan Ekspos Pembangunan Hijau, Kutim Dukung Smart Forest City IKN

Ekspos Pembangunan Hijau, Kutim Dukung Smart Forest City IKN

67 views
0

Acara Kegiatan Ekspos Pembangunan Kaltim Hijau Kalimantan Timur di Ballroom Hotel Mercure, Samarinda. Foto: ist

SAMARINDA – Ekspos Pembangunan Kaltim Hijau Kalimantan Timur (Kaltim) berlangsung semarak di Ballroom Hotel Mercure, Samarinda, Rabu (8/6/2022). Kegiatan ini dihadiri para pihak terkait program lingkungan, pejabat lingkup Pemprov Kaltim hingga kepala daerah kabupaten dan kota se-Kaltim. Termasuk Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman. Dibuka langsung oleh Gubernur Kaltim H Isran Noor.

Isran Noor sebelum membuka kegiatan dimaksud mengatakan, Provinsi Kaltim dan seluruh rakyatnya mendukung pembangunan Smart Forest City Ibu kota Nusantara (IKN).

“Dalam hal pembangunan dan penjagaan lingkungan, Kalimantan Timur harus menjadi yang terdepan dan menjadi contoh teladan bagi seluruh nusantara ini. Daerah yang sudah melakukan kegiatan pembangunan hijau itu baru Kalimantan Timur,” kata Isran Noor bangga.

Secara umum Isran menegaskan bahwa pemerintahan dibawah kepemimpinannya akan selalu mendukung segala bentuk pembangunan yang berorientasi pada pelestarian lingkungan sekitar.

Sebelumnya Ketua Harian Dewan Daerah Perubahan Iklim (DPPI) Provinsi altim Daddy Ruchiyat menjelaskan, pembangunan hijau di Kaltim sudah dimulai pada 2010 silam. Ditandai dengan pendeklarasian Kaltim Green oleh Gubernur Kaltim kala itu Awang Faroek Ishak, beserta jajaran Pemerintahan Kabupaten/Kota sebagai elemen masyarakat di Kaltim.

Kaltim Green adalah suatu kondisi disaat Kaltim telah memiliki perangkat kebijakan, tata kelola pemerintahan dan program-program pembangunan yang menyelaraskan kepentingan ekonomi serta pelestarian lingkungan hidup. Tujuan utama yang ingin dicapai dari Kaltim Green adalah diperolehnya pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berlanjut. Ditopang oleh aliran jasa lingkungan yang lestari termasuk rendahnya emisi gas rumah kaca dan semuanya bermuara pada keamanan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat di Kaltim.

“Kita bersyukur memiliki figur kepala daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam mewujudkan cita-cita Kaltim Green,” katanya.

Landasan pembangunan hijau yang dibangun sejak Gubernur Awang Faroek termasuk kesiapan kelembagaan, regulasi dari kebijakan serta transformasi ekonomi secara konsisten. Implementasinya didukung dan diperkuat pada era Gubernur Kaltim saat ini yakni Isran Noor.

Sementara itu Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Anggota DPRD Kutim Siang Geah, usai pembukaan mengaku sangat mengapresiasi program pemerintah satu ini. Menurut Ardiansyah, program pembangunan hijau ini, menjadi salah satu pembangunan kota yang mengacu pada konsep green city (kota hijau) atau mengedapankan pembangunan yang berkelanjutan.

“Sebagai salah satu daerah yang ada di Provinsi Kaltim, Kabupaten Kutim sangat mendukung konsep Smart Forest City IKN,” tegasnya.

Tentunya dukungan dimaksud akan terus ditopang dengan sinergi program pembangunan hijau yang dilaksanakan di Kabupaten Kutim. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here