Beranda Entertainment Dewan Adat Dayak Jadi Mitra Strategis Pemkab Bangun Kutim

Dewan Adat Dayak Jadi Mitra Strategis Pemkab Bangun Kutim

91 views
0

Wabup Kutim Kasmidi Bulang dalam momen pembukaan Musda II DED Kutim. Foto: Irfan/Pro Kutim

SANGATTA – Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang berpesan agar Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kutim terpilih dapat membangun serta mendukung pemerataan pembangunan secara merata di Kutim. DAD Kutim tentu akan menjadi mitra strategis pemerintah daerah.

“Dalam membangun Kutim untuk mewujudkan pembangunan yang berkeadilan baik di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi hingga pariwisata,” ujar Kasmidi disaksikan langsung Sekum 1 Majelis Adat Dayak Kaltim Ekmonsyah Petrus didampingi Plt Ketua DAD Kutim Lukas Himuk dan seluruh jajaran kepengurusan dan anggota DAD Kutim dalam kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) II DAD Kutim yang digelar di Rooftop Q Hotel, Kamis (9/6/2022).

Kasmidi dalam sambutan singkatnya juga menyarankan berjalannya pemilihan kepengurusan yang baru ini harus dilandasi dengan demokrasi berkeadilan.

“Saya harap lancar dan saya usul ketua terpilih nanti dapat digelar secara aklamasi saja. Karena memang ini menjadi solusi dan diberikan langsung mandat kepercayaan dalam menjalankan visi dan misinya,” urainya.

Sementara berkaitan dengan perpindahan Ibu Kota Nusantara (IKN), Sekum 1 Majelis Adat Dayak Kaltim Ekmonsyah Petrus mendukung sepenuhnya rencana tersebut dan bersyukur hal itu ada di Kalimantan.

“Karena hal ini sesuai dengan tema Musda II DAD Kutim yang diangkat yakni Gerak Serentak Budaya Leluhur dalam Persatuan dan Kesatuan Menyongsong IKN. Oleh karena itu, kita mendukung sepenuhnya, kita ingin mengawal dalam pembangunan IKN baru ke depan,” bebernya.

Untuk itu, tegas Ekmonsyah, ia mengajak seluruh jajarannya mendukung semua program perpindahan IKN.

“Selamat bermusyawarah dan terus berkesinambungan dalam melestarikan budaya dayak sebagai bagian dari NKRI. Kita hadir untuk mewarnai keberagaman dan tetap menjaga kondusitifitas daerah,” terangnya. (kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here