Beranda Entertainment Setelah Jadi Seskab Kutim, Ini Program Prioritas Rizali Hadi

Setelah Jadi Seskab Kutim, Ini Program Prioritas Rizali Hadi

149 views
0

Seskab Kutim Rizali Hadi. (Irfan Pro Kutim)

SANGATTA- Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman sudah melantik H Rizali Hadi sebagai Sekretaris Kabupaten (Seskab) Kutim, Kamis, (9/6/2022). Acara pelantikan yang dimulai pukul 09.20 WITA ini juga dihadiri Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kutim Misliansyah dan sejumlah Kepala OPD serta Forkompimda Kutim.

Seskab Kutim Rizali Hadi pascapelantikan menegaskan akan melaksanakan semua arahan Bupati. Tugas awal yang bakal dikerjakannya adalah Juni sampai awal September 2022 bakal menggarap proses perencanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersinergi dengan DPRD Kutim. terutama membahas APBD Perubahan 2022. Kemudian dilanjutkan dengan menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPD) Tahun Anggaran 2023.

“Dan ini adalah kerja keras kita bersama TAPD dan DPRD Kutai Timur,” ujar Rizali Hadi.

Dirinya ingin melihat kembali Rencana Strategis (Renstra) masing-masing OPD. Melihat kesesuaian Renstra yang telah dikerjakan dalam kerangka Rencana Kerja (Renja) masing-masing OPD. Artinya bakal melihat program apa yang sudah diimplementasikan dan apa yang belum. Sehingga bisa mengukur capaian target kinerja dan program kerja sesuai visi misi Pemkab Kutim. Apalagi 2024 memasuki akhir jabatan Bupati dan Wabup. Tentunya perlu disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021 – 2026.

“Sehingga hal (target pembangunan) itu bisa dicapai secara normal di tahun 2026. Namun kita berharap di tahun 2024 visi itu bisa diukur,” sebutnya.

Menurutnya hal-hal seperti itulah yang wajib dicermati OPD. Agar bisa mengukur capaian misi kepala daerah. Program lainnya yang bakal ia geber yakni pemenuhan kebutuhan struktur organisasi dan lainnya. Mengisi jabatan-jabatan kosong tingkat eselon 2 maupun administrator. Karena disetiap jabatan dibarengi tanggung jawab yang besar. Maka dari itu tidak mungkin selalu berharap pada posisi pejabat dengan amanah Pelaksana Tugas (Plt) atau Pelaksana Harian (Plh). Sebab tanggung jawabnya memang terbatas.

“Oleh karena itu dalam waktu dekat, proses untuk asesmen pengisian jabatan ini segera kita lakukan. Itu yang harus saya koordinasi dengan pimpinan, kemudian dengan BKPP. Selanjutnya tim pansel untuk persiapan seleksi jabatan,” ujarnya.

Sebelumnya selain mengucapkan selamat kepada Rizali Hadi, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman meminta mantan Kadishub Kutim tersebut melaksanakan tupoksi dengan penuh dedikasi dan perundang-undangan. Orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut yakin Rizali Hadi mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Penuh gagasan, kreativitas serta inovasi untuk Kutim.

Karena dalam bekerja Seskab tidak bisa sendiri, maka Ardiansyah meminta seluruh OPD untuk memberikan dukungan dan kerjasama yang baik. Sehingga pelaksanaan tugas sebagai Seskab dapat berjalan dengan lancar dan suskes.

“Pelantikan Sekretaris Kabupaten hari ini merupakan proses akhir, dari beberapa rangkaian proses seleksi yang dilaksanakan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan,” tegasnya kembali.

Dia berharap Rizali Hadi mampu mengakomodir perangkat daerah serta membantu tugas-tugas kepala daerah di dalam melaksanakan visi “Menata Kutai Timur Sejahtera Untuk Semua”.

Demi menjaga integritas sebagai aparatur pemerintah, Ardiansyah mengingatkan agar Seskab menghindari perbuatan tercela yang menyimpang dari kejujuran. Meminta aga tak melanggar peraturan yang berlaku sekaligus menjaga nama baik keluarga. (kopi8/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here