Beranda Kutai Timur Target Nominasi TTG VIII, Kutim Tampilkan Mesin Giling Kopi dan Kompor Panas...

Target Nominasi TTG VIII, Kutim Tampilkan Mesin Giling Kopi dan Kompor Panas Turbo

58 views
0

Stan Kutim saat mengikuti Lomba TTG VIII Kaltim dengan memamerkan mesin giling kopi dan kompor panas turbo saat mengikuti. Foto: Irfan/Pro Kutim

TENGGARONG – Pemkab Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kutim optimis menargetkan bisa masuk nominasi dalam Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) VIII Tingkat Kaltim, (25-27/6/2022) di Lapangan Basket Kompleks Olahraga Rondong Demang, Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Hal ini ditegaskan langsung oleh Kepala DPMD Kutim Yuriansyah saat mendampingi Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman. Ditemu Pro Kutim, Yuri sapaan akrab pria yang juga menjabat sebagai Plt Asisten Administrasi Umum Setkab Kutim itu menegaskan pihaknya terus mendorong inovasi Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Riyoto Sangatta berkembang pesat.

“Ya kami sudah bersinergi dengan Posyantek Riyoto, sebuah lembaga pelayanan TTG antardesa yang berkedudukan di kecamatan yang memberikan pelayanan teknis, informasi dan orientasi berbagai jenis TTG. Dalam pameran ini kita memamerkan mesin penggiling kopi dan kopi panas turbo,” jelasnya.

Ditambahkan Yuri, ke depan pihaknya juga akan melakukan pengawasan sekaligus mengawal TTG Kutim tahun depan bisa melakukan seleksi tingkat kecamatan hingga menuju tingkat kabupaten.

“Saya harap TTG kecamatan ini bisa terkspos dengan baik. Intinya DPMD Kutim memotivasi tidak hanya Posyantek Riyoto namun ada pengembang ataupun pengusaha menghadirkan inovasi baru dari desa-desa yang baru memanfaatkan semua teknologi yang ada di kecamatan bisa dimaksimalkan dan difungsikan. Hasilnya ada Riyoto-riyoto baru di Kutim,” bebernya.

Lebih jauh, Yuri mengutarakan dalam momen ini, alat TTG yang dibawakan Posyantek Riyoto ini bisa masuk nominasi juara dan tentunya bisa membawa Kutim mengikuti TTG tingkat nasional yang rencananya digelar di Cirebon pada Oktober mendatang.

“Saya lihat mesin giling kopi dan kompor panas turbo sangat potensial bahkan diminati beberapa petani, bahkan sudah ada yang berminat untuk membelinya bahkan sudah dibayar. Namun untuk pameran ini, belum bisa diambil karena masih mengikuti pameran,” terangnya.

Untuk diketahui, tema lomba dalam TTG VIII kali ini ialah melalui gelar dan lomba TTG kita tingkatkan kreativitas dan inovasi pengembangan ekonomi kreatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa kelurahan dalam menyongsong pelaksanaan IKN di Kaltim.(kopi13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here