Beranda Entertainment 150 Anak Ikuti Khitanan Massal Garapan BPKAD Kutim – Aksi Sosial Meriahkan...

150 Anak Ikuti Khitanan Massal Garapan BPKAD Kutim – Aksi Sosial Meriahkan HUT ke 77 RI

84 views
0

Momen Bupati Ardiansyah Sulaiman, Dandim 0909/Kutim, Direktur RSUD Kudungga Sangatta, Kepala BPKAD meninjau pelaksanaan Khitanan Massal. (Wahyu Pro Kutim)

SANGATTA – Tak kurang 150 anak ikut dalam khitanan massal yang diprakarsai Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kutai Timur (Kutim), Kamis (11/8/2022) pagi. Aksi sosial ini dilakukan demi menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Republik Indonesia. Digelar di Halaman Kantor BPKAD di Pusat Perkantoran Pemkab Kutim di Bukit Pelangi. Makin special karena disaksikan langsung oleh Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman dan beberapa pejabat lainnya.

Bupati Ardiansyah Sulaiman bersyukur pada tahun ini, banyak kegiatan digelar oleh para pihak. Termasuk BPKAD, untuk menyemarakan hari kemerdekaan RI. Rasa syukur Ardiansyah bukan tanpa alasan. Pasalnya dua tahun terakhir semua kegiatan dibatasi karena pandemi COVID-19. Meskipun saat ini masa transisi pandemi ke endemi, ia tetap mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin dan mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

“Allhamdulilah, hari ini adalah sunnah Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam (SAW) yang harus dilalui oleh kaum laki-laki yakni khitan. Oleh karenanya siapapun yang menyelenggarakan mendapatkan syafaatnya,” ucap Ardiansyah seraya mendoakan kebaikan.

Khitan atau sunat bagi laki-laki Islam, menurut orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut, merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan. Sebagai ikhtiar dari segala macam hal negatif. Karena tujuannya yang mulia, maka Bupati pun tak sungkan menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah memberikan peran serta kontribusi, dalam menunaikan khitanan massal. Terutama para dokter dari RSUD Kudungga, Makodim 0909/Kutim, Lanal Sangatta dan juga dokter dari Polres Kutim.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa selesai pada hari ini, karena (khitanan massal) ini luar biasa (memakan waktu). Luar biasa (meriah) juga karena sampai 150 anak yang mengikuti,” kata Ardiansyah dihadapan Dandim 0909/Kutim Letkol CZi Heru Aprianto, Seskab Rizali Hadi, Direktur RSUD Kudungga Sangatta Yuwana Sri Kurniawati dan para orang tua yang mendampingi peserta khitanan serta undangan lainnya.

Sementara itu, Kepala BPKAD Kutim Teddy Febrian menjelaskan khitanan massal merupakan bagian wujud syukurnya, dalam menyamarakkan HUT ke 77 kemerdekaan RI. Sebelum itu sudah banyak juga kegiatan yang dihelat dalam rangkaian HUT RI kali ini. Mulai Senin (8/8/2022) dan berakhir pada Jumat (12/8/2022).

“Allhamdulilah kegiatan ini banyak mendapat support (dukungan, red) yang luar biasa,” ujar Teddy, sapaan karib Teddy Febrian.

Khususnya dukungan dari pihak RSUD Kudungga Sangatta yang telah memfasilitasi dengan menurunkan nakes, obat-obatan serta peralatan. Kemudian pihak Kodim 0909/Kutim, Polres Kutim dan Lanal Sangatta yang telah menurunkan nakes. Dia tak lupa mengapresiasi para pihak tersebut karena telah mendukung sehingga kegiatan dapat terlaksana.

“Kami meng-upload berita (rencana kegiatan) ini jam 7 pagi dan jam 11 kuota sudah terpenuhi. Namun siangnya kuota membludak sampai sore total kuota jadi 150 anak (awalnya hanya 100 anak). Kami bersyukur, insyaAllah semua ini menjadi amal ibadah di kemudian hari,” harapnya. (kopi7/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here