Beranda Kutai Timur Meriahkan HUT RI dan Hibur Masyarakat – Ribuan Peserta Ikuti Gerak Jalan...

Meriahkan HUT RI dan Hibur Masyarakat – Ribuan Peserta Ikuti Gerak Jalan Merdeka Belajar

163 views
0

Suasana Gerak Jalan Merdeka Belajar garapan Disdik Kutai Timur. Foto: Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim

SANGATTA- Ribuan peserta dengan beragam pakaian warna-warni dan aksesoris membuat Gerak Jalan Merdeka Belajar garapan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Minggu (28/8/2022) pagi nampak semarak. Kehadiran ribuan peserta ini pun menarik perhatian banyak pasang mata. Menjadi hiburan ribuan warga yang menyaksikan peserta gerak jalan, dari Jalan Abdul Wahab Syaranie tepatnya di depan Gedung SMPN 1 Sangatta Utara hingga finish di Halaman Kantor Kecamatan Sangatta Utara. 

Masyarakat yang terdiri dari berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai instansi pemerintahan hingga swasta tumpah di jalan bersiap mengikuti Gerak Jalan Sehat bertajuk Merdeka Belajar, sebagai rangkaian peringatan HUT ke 77 RI. Pelaksanaan gerak jalan ini sekaligus menandai peresmian implementasi kurikulum Merdeka Belajar di sekolah-sekolah yang ada di Kutim. Peserta dilepas langsung oleh Bupati H Ardiansyah Sulaiman. Disaksikan Wabup H Kasmidi Bulang didamping sang istri Ny Hj Satriani, jajaran Ketua hingga Wakil Ketua DPRD Kutim, unsur Forkopimda, Seskab Kutim Rizali Hadi, beberapa Pimpinan Cabang Bank, Kepala OPD serta undangan lainnya.

Sebelum melepas, Ardiansyah mengatakan, pelaksanakan kegiatan gerak jalan pada intinya adalah tentang bagaimana membangun serta mengawali rasa kebersamaan. Serta memupuk kembali semangat dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat dalam momen memperingati HUT ke 77 RI.

“Kita wajib bersyukur, Alhamdulillah tahun ini kita semua bisa merayakan kemeredekaan Indonesia. Setelah tahun sebelumnya kita terkendala adanya COVID-19,” ucapnya.

Mengenai kebijakan kurikulum Merdeka Belajar yang telah diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Tekhnologi (Kemendikbudristek), diamanatkan kepada seluruh sektor pendidikan di Indonesia, Ardiansyah menilai konsep ini memberikan semangat kepada anak didik untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan. Tentunya beserta karya yang lebih berkualitas. Selain itu, semangat para tenaga pendidik bisa memberikan ruang yang lebih besar kepada anak murid agar terus berkembang dan bersemangat dalam belajar.

“Semoga kurikulum (merdeka belajar) ini lebih mampu lagi menghasilkan putra putri bangsa Indonesia, putra putri Kutai Timur yang terbaik di masa sekarang dan masa-masa yang akan datang,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Gerak Jalan yang juga Plt Kadisdik Kutim Irma Yuwinda melaporkan, sebanyak lomba gerak jalan ini diikuti 110 regu. Berasal dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari pelajar tingkat SD hingga SMA. Dari berbagai kecamatan, mahasiswa, instansi pemerintah, serta masyarakat umum. Tema yang diusung adalah “Merdeka Belajar untuk Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

“Dengan rute dimulai dari depan gedung SMPN 1 (Sangatta Utara) dan berakhir di halaman Kantor Camat Sangatta Utara. Namun sebelumnya, para peserta diwajibkan untuk menampilkan atraksinya di panggung kehormatan yang akan disaksikan oleh Bupati serta undangan. Panggung utama di depan salah satu Bank di Jalan Yos Sudarso 2,” sebutnya.

Irma sapaan karib Irma Yuwinda menambahkan, peringatan kemerdekaan ini di jadikan sebagai momentum untuk mengakslerasikan penerapan kebijakan kurikulum Merdeka Belajar di Kabupaten Kutim. Bertujuan untuk menghindari diskriminasi dalam bidang pendidikan. Guna memajukan semangat juang mencerdaskan anak bangsa.

“Serta memupuk sikap kerjasama baik peserta didik, guru, orang tua dan masyarakat secara umum,” lapornya.

Setelah pelepasan, peserta yang menyusuri jalan protokol sepanjang Yos Sudarso 2, berkesempatan menampilkan kreasi baris-berbaris dihadapan tamu kehormatan. Penampilan seluruh peserta dinilai oleh tim juri yang melibatkan unsur TNI-Polri. (kopi6/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here