Beranda Infrastruktur FSN 2023 Siap Digelar, Ardiansyah Minta Pembenahan Sarana Prasarana

FSN 2023 Siap Digelar, Ardiansyah Minta Pembenahan Sarana Prasarana

413 views
0

Bupati Ardiansyah bersama rombongan saat mengunjungi Pantai Sekerat Bengalon. Foto : Nasruddin/Pro Kutim.

BENGALON – Berbagai cara dilakukan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) untuk menarik minat wisatawan datang ke Kutim. Salah satu strateginya dengan menggelar Festival Sekerat Nusantara (FSN). Sebelumnya, FSN sukses digelar tahun lalu (2022) sehingga di tahun 2023 ini, akan kembali di gelar secara besar-besaran dan lebih meriah. Rencananya menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno pada bulan Juli 2023 mendatang.

“Festival Sekerat Nusantara atau FSN akan kembali kita gelar dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dan akan menampilkan berbagai macam kesenian, kebudayaan yang ada di Kutim,” kata Bupati Ardiansayah Sulaiman kepada Pro Kutim saat mengunjungi Pantai Sekerat, Selasa (31/01/2023).

Lebih lanjut, ia memerintahkan Kepala Dinas PUPR untuk segera mempersiapkan infrastruktur terutama jalan menuju Pantai Sekerat dan meminta pihak perusahaan PT Kemilau Indah Nusantara (KIN) untuk membantu membuka jalur dari Desa Muara Bengalon sampai ke Sekerat.

“Kegiatan ini akan melibatkan para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada, terutama di wilayah sekitar Pantai Sekerat ini,” ucapnya.

Selain itu, ia juga meminta FSN dipersiapkan dan diatur dengan baik, termasuk jalur untuk para pelaku UMKM serta dibuatkan lokasi khusus untuk parkir kendaraan di kawasan Pantai Sekerat.

Sementara itu, Kepala Desa Sekerat Sunan Dhika menjelaskan bahwa di event FSN 2023 ini akan menampilkan beberapa kearifan lokal, salah satunya Belian. Tradisi yang masih terjaga dengan baik di Desa Sekerat dan berharap bisa menarik wisatawan untuk datang.

“Secara bertahap kita sudah mulai mempersiapakan agenda ini dan kami terus berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata,”ucapnya.

Lebih lanjut, saat ditanya tentang lahan parkir, ia menjawab bahwa dirinya bersama masyarakat sudah menyiapkan lahan parkir yang representatif untuk menampung kendaraan para wisatawan yang akan berkunjung di FSN. (kopi14/kopi13)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini