Beranda Kutai Timur Kemendagri RI Beri Tips Jitu ke Pemda Atasi Inflasi

Kemendagri RI Beri Tips Jitu ke Pemda Atasi Inflasi

80 views
0

Suasana zoom meeting Rakor Pengendalian Inflasi di Ruang Video Conference Diskominfoperstik Kutim. Foto: Bella Pro Kutim

SANGATTA – Pemkab Kutim mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi Tahun 2023 gelaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Rabu (08/1/2021) lewat zoom meeting di Ruang Video Conference Diskominfoperstik Kutim yang dipimpin langsung oleh Mendagri RI Tito Karnavian. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh gubernur, bupati/wali kota dan instansi vertikal lainnya.

Dalam kegiatan ini, Kepala Bappeda Kutim Noviari Noor mewakili Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman hadir didampingi sejumlah undangan mulai dari Kepala Bagian Perekonomian, Kepala BPS, jajaran Kepolisian, Kodim, serta perwakilan OPD terkait.

Membuka rapat tersebut, Mendagri Tito menyebutkan, dari segi inflasi, Indonesia masih relatif terkendali dan kewajiban kita bersama untuk menjaga pergerakan inflasi.

“Alhamdulillah berkat kerja keras kita semua, baik pusat maupun daerah di bulan Januari per 1 Februari, BPS telah merilis angka inflasi kita turun dari Desember di angka 5,51 persen menjadi 5,28 persen dan ini merupakan penurunan yang sangat signifikan,” jelasnya.

Selanjutnya, angka inflasi nasional sangat ditentukan dari kerja pemerintah pusat dan seluruh pemerintah daerah.

“Jadi peran pemerintah daerah sangatlah penting,” tambahnya.

Untuk itu, Tito kembali menekankan hal penting yang harus diingat bahwa terdapat beberapa langkah konkrit pemerintah daerah yang dapat dilakukan untuk menangani inflasi daerah.

“Yakni melaksanakan pasar murah, sidak pasar dan distributor, kerja sama dengan daerah penghasil komoditi, gerakan menanam, merealisasikan BTT, dan dukungan transportasi dari APBD,” bebernya.

Untuk diketahui bahwa Kaltim mendapat predikat inflasi rendah pada bulan Januari 2023 yaitu 4,9 persen. (kopi16/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini