Beranda Kutai Timur Kutim Peringkat Dua Indeks SPBE Se-Kaltim, Penilaian KemenPAN-RB

Kutim Peringkat Dua Indeks SPBE Se-Kaltim, Penilaian KemenPAN-RB

224 views
0

Ery Mulyadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Kutai Timur. Foto : Ist

SANGATTA – Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika Persandian dan Statistik (Kominfo Perstik) Kutai Timur (Kutim) Ery Mulyadi mengatakan bahwa Kabupaten Kutim berhasil meraih peringkat kedua se-Kaltim terhadap Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). 

“Alhamdulillah Kutim menempati peringkat kedua diantara 10 Kabupaten/Kota serta Pemerintah Provinsi Kaltim dengan Indeks 2,79 predikat baik,” kata Ery dalam siaran persnya belum lama ini. 

Hasil ini berdasarkan Keputusan Menteri PAN RB Nomor 108 Tahun 2023 tentang Hasil Pemantauan dan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2022. Dia juga menyampaikan bahwa berhasilnya Kutim menduduki peringkat kedua merupakan pencapaian yang sangat luar biasa. Mengingat pada 2021 Indeks SPBE Kutim hanya 1,03. Dengan predikat kurang dan berada di posisi sembilan.

“Terimakasih atas dukungan penuh Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Kutim. Sehingga Kutim berhasil memperbaiki peringkat Indeks SPBE dibanding tahun sebelumnya,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa keberhasilan implementasi SPBE ini, merupakan keberhasilan yang telah dilaksanakan oleh Perangkat Daerah Kabupaten Kutim. Penerapan SPBE, terdiri dari tata kelola dan manajemen SPBE. Dijelaskan untuk tata kelola SPBE, kerangka kerja yang memastikan terlaksananya penerapan SPBE secara terpadu. Terdiri dari Rencana Induk dan Arsitektur SPBE, Rencana Anggaran, Proses Bisnis, Data dan Informasi, Infrastruktur dan Aplikasi SPBE, Keamanan serta Layanan SPBE.

Sementara itu untuk manajemen SPBE, melaksanakan pengelolaan unsur-unsur SPBE secara efisien, efektif, dan berkesinambungan, yang terdiri dari Manajemen Risiko, Manajemen Keamanan Informasi, Manajemen Data, Manajemen Aset TIK, Manajemen Layanan, Manajemen Pengetahuan, Manajemen Perubahan, Manajemen SDM, dan Audit TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).(*/kopi14/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini