Beranda Keagamaan Ardiansyah Sampaikan Hikmah Nuzulul Qur’an di Masjid Jami Emas Baiturrahman Batu Ampar

Ardiansyah Sampaikan Hikmah Nuzulul Qur’an di Masjid Jami Emas Baiturrahman Batu Ampar

45 views
0

Bupati Ardiansyah saat menghadiri Buka Puasa Bersama dan Peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan oleh PHBI Kecamatan Batu Ampar. Foto: Nasruddin/Pro Kutim

BATU AMPAR – Masih dalam rangkaian kunjungan kerja (kunker) setelah mengambil sumpah/janji Anggota BPD Antar Waktu Desa Mawai Indah dan membuka pasar murah, Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman selanjutnya menghadiri Buka Puasa Bersama dan Peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Batu Ampar di Masjid Jami Emas Baiturrahman Kecamatan Batu Ampar, Kamis (28/3/2024) kemarin. Pada kempatan itu, Bupati Ardiansyah didaulat untuk menyampaikan tausiah hikmah malam Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan setelah salat tarawih dan witir.

Dalam tausiahnya, Bupati Ardiansyah menyampaikan bahwa Al-Qur’an merupakan wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, melalui perantara Malaikat Jibril AS. Selain sebagai mukjizat Nabi Muhammad, Al-Qur’an juga sebagai petunjuk bagi umat Islam yang telah diridhai oleh Allah SWT. 

“Pada malam yang penuh berkah dalam Bulan Suci Ramadan, umat Islam diperingatkan akan momen penting yaitu Nuzulul Quran. Al-Qur’an, kitab suci umat Islam, pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW pada Bulan Suci Ramadan,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan makna Al-Qur’an sebagai bacaan dan sebagai pemberi syafaat. Dengan membaca Al-Qur’an maka Al-Qur’an akan menjadi hidup di dalam kehidupan kita. Menjadi cahaya dalam kegelapan dan menjadi tongkat untuk berjalan di muka bumi.

“Al-Qur’an adalah bacaan, kalau begitu dia harus dibaca. Kalau dia tidak dibaca berarti kita tidak mengindahkan perintah Allah yang juga diturunkan kepada kita untuk membaca Al-Qur’an. Ternyata Allah menyiapkan pahala berlipat ganda dibalik kita membaca Al-Qur’an terutama pada Bulan Suci Ramadan ini. Sebagai mana kata Rasululullah bahwa membaca Al-Qur’an bukan satu ayat tapi satu huruf saja dari Al-Qur’an Allah siapkan pahalanya 10 sampai 700,” jelasnya.

Selain itu, membaca Al-Quran bisa mendatangkan kemuliaan dan kebaikan yang tidak pernah dibayangkan oleh manusia sebelumnya bahkan juga terjadi pada hari kiamat dengan kemuliaan yang sangat besar.

“Bacalah bait Al-Qur’an karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia PHBI Kecamatan Batu Ampar Meriansyah mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan kesediaan Bupati Ardiansyah untuk mengisi tausiah pada kegiatan buka puasa bersama dan peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Jami Emas Baiturrahman Batu Ampar. Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana dan semua pihak yang telah membantu sehingga kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan baik.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur, bapak-bapak dan ibu-ibu dermawan yang telah menyisihkan dananya untuk kegiatan ini dan kami juga memohon maaf jika dalam acara ini terdapat kekurangan,” singkatnya. (kopi14/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini