Beranda Keagamaan Diskes dan Kemenag Kolaborasi – Laksanakan Pengukuran Kebugaran Calhaj Kutim

Diskes dan Kemenag Kolaborasi – Laksanakan Pengukuran Kebugaran Calhaj Kutim

130 views
0

Kepala Dinkes dr Bahrani mengibarkan bendera sebelum Caljah berjalan santai dan selanjutnya dicek kesehatannya.(Foto: Wahyu Humas)

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Kutai Timur (Kutim) dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim Kolaborasi dengan Kantor Kementerian Agama Kutim (Kemenag) Kutim melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah  melaksanakan Pengukuran Kebugaran Jasmani Calon Jemaah Haji (Calhaj ) tahun 2019/1440 Hijriah untuk 170 orang undangan untuk Kutim bertempat di halaman Gedung Serba Guna (GSG), Komplek Perkantoran Bukit Pelangi, Kamis (28/3/19).

Kepala Dinkes dr Bahrani mengawali sambutannya menyampaikan ibadah haji itu adalah ibadah fisik yang perlu disiapkan secara matang. agar dalam kegiatannya sudah terbiasa menjalankannya.

“Usia muda tidak menjamin! harus kondisi prima, Jangan sampai penyakit resiko tinggi (kencing manis, ginjal, jantung dan darah tinggi) menyebabkan kendala-kendala dalam beribadah,” jelasnya

Bahrani menambahkan setelah pengecekan dinilai statusnya sangat baik, baik, cukup, dan sangat kurang. namun apabila sangat kurang hal ini bisa jadi penghambat keberangkatan Calhaj. jadi mari tingkatkan status kesehatan dan kebugaran dengan latihan-latihan dimulai dari sekarang agar mampu menjalankan haji disana dan apabila tergantungan obat dipersilahkan untuk membawa setelah dicek tim medis.

“Siapkan sesuatu yang membuat enjoy agar kekhusyukan beribadah menjadi haji mabrur dan kurangi tawaf kepasar (hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan),” kata Bahrani

Sementara itu, Kepala Kemenag Kutim H Ambotang dalam sambutannya diawali kalimat tauhid ia menyampaikan bahwa dengan dilaksanakan pemeliharaan kebugaran jasmani bagi jamaah haji ini diharapkan calhaj dapat memiliki kondisi kesehatan yang optimal menjelang keberangkatan sampai kembali ke tanah air sejak di daerah asal, diperjalanan, embarkasi/debarkasi haji, selama di Arab Saudi, dan setelah kembali ke tanah air

“Tidak hanya kesehatan tapi ilmunya yang dibawa doa-doa saat beribadah segera dipersiapkan. diharapkan hasil akhir adalah kondisi calhaj yang sehat dan bugar selama melaksanakan ibadah haji,” Tutupnya.(hms7)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini