Beranda Kutai Timur Pemkab Kutim Bangun Posko Darurat – Tanganin Korban Kebakaran di Gang Tepian

Pemkab Kutim Bangun Posko Darurat – Tanganin Korban Kebakaran di Gang Tepian

174 views
0

HANGUS: Puing-puing kebakaran di kawasan padat penduduk yaitu di Gang Tepian rata dengan tanah. (Foto: Irfan Humas)

SANGATTA-Kebakaran melahap 10 rumah warga di Jalan Yos Sudarso I Gang Tepian RT 47, Sangatta Utara pada Senin (27/5/2019) malam. Akibatnya 12 kepala keluarga (KK) dengan total jumlah 43 jiwa menjadi korban dampak kebakaran.

Pemkab Kutim melalui Dinas Sosial bekerja sama dengan Tagana (Taruna Siaga Bencana) pun langsung sigap membantu warga pasca kebakaran. Mereka yang terdampak dipindahkan sementara ke tenda darurat yang berlokasinya tidak jauh dari tempat kejadian. Petugas bersama warga juga mendirikan posko darurat dan dapur umum.

Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar  meminta kepada warga yang terdampak untuk tetap tenang dan tabah menghadapi musibah tersebut. Ia telah menginstruksikan jajarannya untuk terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk membantu para korban.

“Terpenting yang dilakukan saat ini adalah memulihkan mental warga yang terdampak. Prioritas utama menampung dan mengevakuasi warga. Kita merelokasi dan menyediakan kebutuhan dasarnya. Secara teknis, Saya sudah meminta Dinas Sosial mengawalnya,” ucapnya.

Dinas Sosial dan Tagana juga sudah membangun posko  darurat.(Foto: Irfan Humas)

Penanganan pasca kebakaran ini ini juga mendapat bantuan penuh dari kewilayahan. Salah satunya adalah dengan mengerahkan Satuan Perlindungan Masyarakat untuk mengamankan lokasi kejadian dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Karena ada beberapa warga yang meninggalkan harta benda yang tersisa. Itu perlu diamankan,” tambah Ismu.

Kepada warga Sangatta, Ismu mengimbau untuk meningkatkan kewaspadaan akan potensi kebakaran. Ia menyebutkan, 92 persen penyebab kebakaran adalah hubungan arus pendek. Selebihnya adalah faktor lain, termasuk ledakan gas. Oleh karena itu, terus memeriksa instalasi listrik. Selain itu, Jamiatulkhair menganjurkan warga memiliki Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di tiap-tiap rumah. Hal tersebut berguna untuk mengantisipasi jika terjadi kebakaran kecil.(hms13)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini