Beranda Kutai Timur Ismu Berhalal Bi Halal Dengan KBBKT Kutim – KBB Organisasi Bersaudara

Ismu Berhalal Bi Halal Dengan KBBKT Kutim – KBB Organisasi Bersaudara

76 views
0

Bupati Kutim H Ismunandar saat menghadiri acara halal bihalal di folder Ilham Maulana. (Foto: Wahyu Humas)

SANGATTA – Setelah resmi menjabat Ketua Umum Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Kalimantan Timur (Kaltim), H Ismunandar tak hanya sibuk dengan aktivitas sebagai Bupati Kutim, namun juga aktif menghadiri acara-acara organisasi kemasyarakatan. Masih berkaitan dengan KBB, Sabtu (20/7/2019), Ismu diundang menghadiri Halal Bihalal KBB Kutai Timur, di Folder Ilham Maulana, Teluk Lingga, Sangatta Utara.

Dihadapan seluruh warga Banjar, Ismu menyebut bahwa KBB merupakan organisasi “badangsanakan” (bersaudara). Maka dari itu sesuai tema “Batamuan, Badandama, Batambah Rakyat Badangsanakan Kayuh Baimba”, menjadi sesuatu yang selalu dipegang teguh bubuhan Banjar sampai saat ini.

“Nyiur tuha banyak basabut, goreng nasi minyak kalanjar. Himung hati bisa takarubut, senang bedapat bubuhan Banjar,” kata Ismu dalam pantun yang intinya senang hati bisa bertemu dengan seluruh warga Banjar.

Bubuhan Banjar menurut Ismu juga unik. Karena mengurus bubuhan Banjar menjadi paket lengkap. Mulai dari mengawinkan, beranak sampai mati, selalu lapor dengan ketua bubuhan. Tetapi hal tersebut bukan menjadi persoalan, karena disitulah nilai kekeluargaan KBB KT.

Sebelumnya pada kesempatan ini, orang nomor satu di Kutim tersebut atas nama Ketua Umum KBB KT, menyampaikan apresiasi kepada seluruh bubuhan Banjar. Khususnya bubuhan banjar Kutim yang selalu melaksanakan Halal Bihalal setiap tahun. Walau kondisi keuangan terbatas. 

Turut hadir dalam acara dimaksud antara lain Wakil Bupati H Kasmidi Bulang, Seskab H Irawansyah, Ketua KBBKT Kutim Syahliannor, Kabag Humaspro Imam Sujono Lutfi, Kadinkes Bahrani, Plt Kadisdik Roma Malau. Sejumlah perwakilan OPD, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat. Kegiatan ini diisi dengan penceramah KH Wajihuddin dari Barabai, Kalsel. 

Ketua KBB Kutim Syahliannor pada acara yang sama menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak-pihak yang telah membantu kegiatan. Sejak awal persiapan hingga pelaksanan.

“Allhamdulillah, setiap tahun kegiatan ini selalu terselenggara. Kegiatan ini diselenggarakan untuk tetap menjaga silaturahim bubuhan Banjar semuanya,” ungkapnya.

Sementara itu, KH Wajihuddin dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa dalam kehidupan, selayaknya harus menjaga hati, menjaga lisan, dan menjaga sikap terhadap sesama ciptaaan Allah SWT.

“Janganlah menjelek-jelekan sesama saudara, terlebih menyebut kurangan bentuk fisik ciptaan Allah SWT,” ucap Wajihuddin mengingatkan.

Kegiatan ini, ditutup dengan pembagian doorprize kepada peserta yang beruntung menghadiri halal bihalal KBBKT Kutim. (hms7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here