Beranda Keagamaan Jadi Tuan Rumah, Kutim Matangkan Persiapan – Menuju Rakorda FKUB se-Kaltim

Jadi Tuan Rumah, Kutim Matangkan Persiapan – Menuju Rakorda FKUB se-Kaltim

67 views
0

DIALOG: Suasana rapat persiapan Kutim yang akan menjadi tuan rumah Rakorda FKUB se-Kaltim.(Foto: Ist)

SANGATTA – Kutai Timur (Kutim) dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan Rakorda Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Kaltim yang direncanakan digelar selama tiga hari mulai Selasa (24/9/2019) hingga Kamis (26/9/2019) mendatang. Untuk menuju agenda besar itu FKUB Kutim melakukan persiapan matang dengan melakukan rapat koordinasi di Aula Kantor Kesbangpol, Bukit Pelangi, Kamis (29/8/2019).

Kegiatan turut dihadiri oleh Wabup Kasmidi Bulang, Ketua FKUB Kutim Abdul Hafied Yusuf, Kepala Kesbangpol Abdul Kader, perwakilan PT KPC, seluruh unsur pengurus baik FKUB Kabupaten, dan FKUB Kecamatan.

Dalam rapat itu disepakati pembentukan kepengurusan kepanitiaan untuk Rakorda FKUB Provinsi sudah bisa mulai dibentuk sekarang. Dipimpin langsung oleh Ketua FKUB Kutim Abdul Hafied Yusuf meminta agar kepanitiaan lebih banyak diisi oleh para unsur pengurus dari FKUB sendiri.

“Karena para pengurusnya lah yang lebih tahu segala teknis dalam pelaksanaannya. Selain itu, pihak PT. Kaltim Prima Coal sudah menyatakan kesiapannya untuk membantu terlaksananya kegiatan tahunan ini lewat anggaran CSR,” jelasnya.

Rakorda FKUB nanti sebagian besar akan membahas pendekatan sekaligus mengimbau warga untuk saling menghormati dan menghargai atas segala perbedaan serta jangan mudah terprovokasi oleh isu yang berpotensi memecah-belah bangsa.

“Terhadap kejadian baru-baru ini di Televisi maupun pemberitaan di media online maupun cetak kelihatannya sudah damai namun untuk masyarakat Kaltim, kami minta supaya tetap rukun,” ucapnya.

Abdul menambahkan dalam pelaksanaannya nanti, ada beberapa agenda kunjungan tempat ibadah yang akan didatangi oleh para ulama, pendeta, pastur, dan tokoh pemuka agama lainnya tersebut.

Direncanakan kunjungan pertama ke Gereja Bethany kemudian ke Vihara Sukhamara di Kompleks Thomas Square, kemudian lanjut ke kantor desa kerukunan kemudian melanjutkan kunjungan ke Katedral St. Yoseph Sangatta kawasan Swarga Bara, dilanjutkan ke Pura Jagadnatha kemudian mampir ke Katolik Center dan Christian Center. Kemudian berkunjung ke bukit pandang untuk melihat tambang batubara sebagai aset daerah dan berakhir di Masjid Agung Al Faruq, Bukit pelangi. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here