Beranda Kutai Timur Isran Ajak Berfikir Positif – Tanganin Karhutla di Kaltim

Isran Ajak Berfikir Positif – Tanganin Karhutla di Kaltim

73 views
0

Gubernur Kaltim Isran Noor. (Foto: Irfan Humas)

SANGATTA – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-58 dan Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) se Kaltim membeberkan beberapa penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dalam hal itu agar masyarakat diajak dapat berfikir positif tidak menyalahkan beberapa oknum yang selama ini menjadi tuduhan.

Isran menegaskan Karhutla yang terjadi di Kaltim bukan hanya karena oknum pembakar lahan melainkan adanya pula faktor titik panas yang tinggi pada musim kemarau ini. Dirinya yakin para petani dan masyarakat saat ini telah bersama-sama menjaga dan mengawasi lahan agar tidak sembarangan melakukan pembakaran lahan.

“Masyarakat sudah dihimbau,(bahkan) masyarakat sudah melaksanakan kewaspadaannya untuk tidak sembarang membakar lahan dan hutannya untuk kepentingan-kepentingan  usaha pertanian. Sekarang saya kira tidak ada, tetapi saya yakin juga pembakaran hutan saat ini, memang disebabkan tingkat daya panas itu tinggi sehingga terjadi gesek-gesekan antara barang ataupun benda dapat menjadi timbulnya api,” jelas mantan Bupati Kutai Timur ini saat diwawancarai awak media, Selasa (17/9/2019).

Ia pun menerangan dirinya bukan bahkan tidak membela masyarakat (oknum pembakar lahan) hanya saja penyebab kebarakan tersebut bisa terjadi dengan sendirinya atau secara alamiah. Isran menyampaikan penjelasan itu memang tidak dukung teori yang kuat tetapi dirinya punya keyakinan yang kuat terhadap hal tersebut bisa terjadi.(hms7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here