Beranda Kutai Timur Penutupan PD2P Berjalan Haru – 60 Personel Siap Terjun di Lapangan

Penutupan PD2P Berjalan Haru – 60 Personel Siap Terjun di Lapangan

106 views
0

SUKSES: Asisten Pemkesra Suko Buono menyemprotkan selang air ke seluruh personel dalam penutupan PD2P gelaran DPKP. Isak tangis dan haru sempat mewarnai jalannya kegiatan. (Foto: Irfan Humas)

SANGATTA – Asisten Pemkesra Kutai Timur (Kutim) Suko Buono resmi menutup kegiatan Pelatihan Dasar Pencegahan dan Penanggulangan (PD2P) terhadap kebakaran angkatan VII gelaran Dinas Pemadam Kebakararan dan Penyelamatan (DPKP) di Lapangan Kantor DPKP, Kamis (3/10/2019). 60 personel dari pos pemadam kecamatan ini pun dinilai sudah siap untuk terjun ke lapangan.

Mantan Kepala Itwil itupun meminta kepada seluruh personel yang berasal dari pos pemadam kecamatan itu dapat mengaplikasikan ilmu dai PD2P terhadap bahaya kebakaran dengan baik.

“Hasil dari praktek dari instruktur dari DPKP, Lanal Sangatta, Basarnas, maupun PMI bisa digunakan dengan sigap dan cepat dalam pemadaman sumber api jika terjadi kebakaran. Teknik menggunakan APAR maupun HYDRANT, P3K, maupun evakuasi wajib dimiliki seluruh personel,” tegasnya.

Suko juga meminta bukan hanya skill pemadaman api yang sudah seluruh personel terima, melainkan sosialisasi bahaya pencegahan terhadap kebakaran itu sendiri.

“Saya minta sosialisasi pencegahan bahaya api bisa terus diinformasikan dengan gencar di kecamatan-kecamatan agar masyarakat segera tahu untuk mengantisipasinya. Tidak hanya itu peran posko pemadam kecamatan jangan sungkan bekerja sama dengan pemerintah kecamatan untuk memperkuat sinergi jika terjadi musibah kebakaran dapat cepat diselesaikan dengan personel yang sudah terlatih ketika mendengar berita ada terjadi kebakaran,” paparnya.

Sementara itu, salah satu peserta PD2P yaitu Doni menuturkan hasil dari kegiatan ini sangat baik untuk menunjukkan skill dalam proses pemadaman api di lapangan. Bersama rekan-rekannya dia siap terjun untuk menanggulangi kebakaran.

“Kami sudah paham dari materi instruktur dalam menghadapi sekaligus menaklukan api. Proses kerja ini membutuhkan kerja sama tim. Tetap mengedepankan safety ketika bertugas,” terang mantan TK2D di bagian Humas dan Protokol Setkab Kutim itu.

Kegiatan penutupan itu pun berjalan haru. Ditandai dengan penyemprotan selang air ke seluruh personel PD2P oleh Asisten Pemkesra Suko Buono didampingi mantan Sekretaris DPKP yang kini menjabat sebagai Kadispora Basrie. Isak tangis dan keakraban antar personel pun pecah ketika mereka saling merangkul bersama instruktur setelah bekerja keras mengikuti PD2P dengan lancar dan sukses. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here