Beranda Kutai Timur KRI Teluk Ende 517 Sandar di Pelabuhan Marine

KRI Teluk Ende 517 Sandar di Pelabuhan Marine

193 views
0

Foto Bersama Kapal Perang Republik Indonesia (KRI). (Foto: Wahyu Humas)

SANGATTA – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Ende-517 bertolak dari Pelabuhan Trisakti, Kota Banjarmasin, Kalsel, bersandar di Pelabuhan Marine Tanjung Bara Aquatic PT KPC, Kota Sangatta, Kaltim, pada Minggu (20/10/2019) pagi. Rombongan Kapal itu disambut hangat Pemkab Kutai Timur (Kutim) berserta jajaran bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) diantaranya Wakil Ketua 2 DPRD Arfan, Danlanal Letkol Laut (P) Binsar Alfret Sitorus, Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan, Dandim 0909/SGT Letkol Inf CZI Pabate. Kapal ini mengangkut 88 Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat II angkatan 67 dalam agenda pelayaran Jalasesya selama 12 hari.

Pada Kesempatan itu Bupati H Ismunandar yang diwakili Staf Ahli Bupati Bagian Bidang Politik, Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Syahrir mengapresiasi untuk pihak Lanal Sangatta berkat merekalah, KRI Teluk Ende bersama seluruh taruna dan taruni AAL dapat berlabuh di Sangatta ini.

“Dari pemerintah sudah berkoodinasi dengan pihak external PT KPC beserta pihak KRI Teluk Ende, apabila ada masyarakat yang ingin (berkunjung) tolong difasilitasi,” katanya

Ia menambahkan selama KRI Teluk Ende masih berada di pelabuhan masyarakat bisa berkunjung, namun tetap mengikuti prosedur dari pihak KPC untuk mencapai pelabuhan Marine.

Sementara itu, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Binsar Alfret Sitorus menyampaikan sebelumnya kegiatan ini memang sudah direncanakan dari Lanal Sangatta berkoordinasi dengan Akademi AL.

“Kita berharap besar supaya Sangatta dikunjungi, Kenapa? karena selama 3 tahun berturut-turut bisa mengirimkan wakil kita sebagai taruna AL,” ungkapnya.

Dia berharap Lanal Sangatta bisa menjadi tempat pemilihan daerah dalam seleksi tamtama, bintara, dan taruna. Ia pun mengatakan dengan kehadiran taruna dari Akademi AL ini, nantinya seluruh siswa-siswi di Sangatta dapat termotivasi menjadi pemuda-pemuda yang bergabung dengan TNI AL.

Senada, Komandan KRI Teluk Ende-571, Letkol Laut (P) Cokorda Gede Parta Pemayun menyampaikan pelayaran Jalasesya merupakan agenda setiap tahun akademi untuk menempa pengetahuan dan fisik para taruna angkatan laut. Rombongan bersandar sementara di pelabuhan Marine, Sangatta, kemudian melanjutkan pelayaran ke Pangkalan TNI AL di Surabaya kembali.

“Ada 88 Taruna dan Taruni yang ikut berlayar. Jadi pelayaran ini dimaksudkan agar apa yang dipelajari para taruna di kelas, dipraktikkan di KRI ini,” ujarnya

Dirinya menjelaskan beberapa agenda bakal dilaksanakan diantaranya melaksanakan CC dan promosi, yakni mengunjungi seluruh pejabat daerah mulai dari Bupati dan jajarannya hingga pimpinan FKPD. Dilanjutkan promisi ke murid SMA, agar nantinya ada pemuda/pemudi dari Sangatta kembali berkarier di TNI AL.(hms7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here