Beranda Kutai Timur Kembangkan Kompetensi, 75 CPNS Ikuti Latsar

Kembangkan Kompetensi, 75 CPNS Ikuti Latsar

73 views
0

Foto bersama Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang didampingi Asisten Pemkesra H Suko Buono dan Kepala BKPP Kutim, Zainuddin Aspan serta Rokib Purnomo dari Puslatbang KDOD LAN Samarinda dengan puluhan CPNS Kutim (Foto: Wak Hedir Humas)

SANGATTA – Sebanyak 75 Orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hasil seleksi tahun 2018 lalu, kini mulai mengikuti tahapan pelatihan dasar (Latsar) CPNS golongan II dan III, angkatan I dan II tahun 2019, dibuka Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang, didampingi Asisten Pemeritahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat H Suko Buono dan Kepala BKPP Kutim H Zainuddin Aspan, diruang Akasia GSG, Pusat Perkantoran Pemkab Kutim, Senin (21/10/2019).

Kepala BKPP Kutim Zainuddin Aspan mengatakan, pelatihan dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi. Sasarannya, terwujudnya integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab dan memperkuat profesionalisme serta kompentensi bidang.

“Kompentensi yang dibangun pada pelatihan adalah peserta mampu menunjukkan sikap prilaku bela negara, mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI, mengaktualiasasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya dan menunjukkan penguasaan kompentensi teknis yang dibutuhkan sesuai sesuai bidang tugas,” ungkap Zainuddin.

Zainuddin menambahkan, selama pelatihan peserta akan diberikan berbagai pengatahuan. Pertama,  kurikulum pembentukan karakter PNS yang terdiri dari, agenda sikap prilaku Bela Negara, agenda nilai-nilai dasar PNS, agenda kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, agenda habituasi. Kedua, kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang tugas yang terdiri dari agenda untuk memenuhi kompetensi teknis administrasi, agenda untuk memenuhi kompetensi teknis substantif.

Lebih jauh, Dia menambahkan, pelatihan dasar CPNS dilaksanakan dengan jumlah jam pembelajaran (JP) sebanyak 511 JP dan dilaksanakan selama 51 hari atau 60 hari kelender, yaitu mulai 21 Oktober sampai 18 Desember 2019 di BKPP Kutim.

“Peserta pelatihan dasar CPNS ini berjumlah 75 orang, dengan rincian angkatan I sebanyak 38 orang peserta dan angkatan II sebanyak 37 orang yang terdiri dari golongan II 64 orang dan golongan III 11 orang yang berasal dari Pemkab Kutim,” terang Zai (sapaan akrab Zainuddin).

Tenaga pelatihan, sambungnya, penceramah yang memberikan wawasan pengatahuan atau sharing experience. Pengajar, dalam hal ini ini para widyaiswara. Berikut, pengelolaan dan penyelenggara, yaitu pejabat struktural dan pejabat fungsional umum yang bertugas pada P3KDOD LAN dan Pemerintah Kabupaten Kutim. (hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here