Beranda Keagamaan MTQ XV Kutim Persiapan Untuk Level Provinsi di Bontang

MTQ XV Kutim Persiapan Untuk Level Provinsi di Bontang

67 views
0

TARGET 4 BESAR: Ketum LPTQ Kutim Irawansyah saat memberikan sambutan dalam pembukaan MTQ XV 2019. (Foto: Irfan Humas)

SANGATTA-Ketua Umum (Ketum) Lembaga Pendidikan Tilawatil Wuran (LPTQ) Kutai Timur (Kutim) Irawansyah mengutarakan jika perhelatan MTQ XV Tahun 2019 yang dipusatkan di area pelataran Masjid Agung Al Faruq Bukit Pelangi, Jumat (13/12/2019) untuk menghasilkan qoriah-qoriah terbaik dari 18 Kecamatan di Kutim yang nantinya akan dikirim ke MTQ level provinsi 2020 yang rencananya akan digelar di Bontang.

Pria yang juga menjabat sebagai Seskab Kutim tersebut juga melaporkan jika tahun ini pagelaran MTQ dikembalikan ke Ibu Kota Kutim yaitu Sangatta. Sebelumnya MTQ 2017 Teluk Pandan dan MTQ 2018 di Karangan dipusatkan di kecamatan.

“Tahun sebelumnya MTQ kecamatan digelar hampir bersamaan waktunya dengan tingkat provinsi. Di 2018 sudah terjadi perubahan saat di Karangan, perwakilan qoriah terbaik Kutim langsung diikutkan ke MTQ Provinsi. Dalam kesempatan itu, Kutim menduduki rangking ke 6 sebelumnya 8. Mudah mudahan di 2020, kita targetkan bisa 4 besar. Bisa saja naik satu digit atau dua digit,” tegasnya di panggung MTQ XV disaksikan Bupati Ismunandar, Wabup Kasmidi, Ketua DPRD Kutim Encek UR Firgasih, dan sejumlah unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Irawansyah menambahkan hasil dari MTQ XV tingkat kabupaten ini memang dipersiapkan menuju Bontang. Setelah nanti Kafilah terbaik muncul, panitia LPTQ akan langsung menggelar pemusatan latihan (training center).

“Qoriah terbaik akan dilatih oleh pelatih handal dipersiapkan antara 4 sampai 5 bulan menuju MTQ Provinsi Bontang,” jelasnya.

Irawansyah turut mengutarakan tentunya untuk mencapai harapan tersebut perlu kerja sama dan memberikan motivasi makaimal yaitu memberikan reward. Saat berkompetisi di provinsi nantinya harus mendapatkan reward jika hasilnya mengharumkan Kutim mendongkrak posisi lebih baik dalam bersaing dengan kabupaten/kota di Kaltim.

“Alhamdulillah seperti tahun lalu reward pasti akan diberikan oleh Bupati Ismunandar kepada qoriah terbaik. Untuk itu, dari penyelenggaraan MTQ ini menjadi salah satu misi meningkatkan SDM iman dan taqwa memberikan generasi muda dalam belajar dalam menghafal alquran hasilnya menjadikan daerah yang agamis. Selanjutnya kegiatan ini juga turut memberikan siramah rohani kepada masyarakat dengan memberikan dukungan ke Pemkab Kutim lewat program pembangunan dan tentunya aktif bersama-sama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kutim,” tutupnya. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here