Beranda Kutai Timur Demo DPRD Kutim, Kaum Buruh dan Mahasiswa Tolak Omnibus Law

Demo DPRD Kutim, Kaum Buruh dan Mahasiswa Tolak Omnibus Law

324 views
0

Suasana para pendemo dihalaman DPRD Kutim.(Foto Wahyu Pro Kompi)

SANGATTA – Ratusan buruh di Kutai Timur (Kutim) yang berasal dari berbagai organisasi, diantaranya PPMI, SPSI, SBSI, SPKEP dan mahasiswa dari GMNI menggelar demo dihalaman Kantor DPRD Kutim, Kamis (23/1/2020). Aksi demo itu dimaksudkan menolak omnibus law atau yang dikenal juga dengan undang-undang (UU) ‘sapu jagat’. Pemkab Kutim melalui DPRD Kutim menyambut aksi demo tersebut dan memfasilitasi secara bersama-sama menyampaikan penolakan itu ke pusat.

Pada kesempatan itu, Ketua Komisi D DPRD Kutim Maswar didampingi David Rante dan Basti Sangga Langi mengajak seluruh pendemo untuk menyikapi dengan kepala dingin. Karena DPRD Kutim siap memfasilitasi apapun yang akan disampaikan dalam permasalahan yang membuat resah para buruh atau pekerja.

“DPRD Kutim pasti menolak apa saja yang kira-kira memberatkan masyarakat Kutai Timur,” ucapnya.

Ia menambahkan semua aturan yang telah ada dari pemerintah pusat maupun daerah harus dibahas secara bersama-sama. Ia mewakili seluruh DPRD Kutim, akan berjuang untuk apa yang telah dituntutkan oleh para pendemo, agar masyarakat Kutim sejahtera.

Sementara itu, Ketua GMNI Kutim, Sept Agis Pusaka dalam orasinya menyampaikan dalam Omnibus Law ini mengisyaratkan akan menghapus sistem upah minimum. Penerapan upah per jam tersebut akan mengakibatkan upah minimum terdegradasi bahkan hilang. Pekerja yang bekerja dibawa 40 jam seminggu maka upahnya otomatis akan dibawa upah minimum.

“Keberadaan omnibus law cipta lapangan kerja akan merugikan kaum buruh. Jika dalam praktiknya nanti, omnibus law menghilangkan upah minimum, menghilangkan pesangon, membebaskan buruh kontrak dan outsoursing (fleksibilitas pasar kerja), mempermudah masuknya TKA, menghilangkan jaminan sosial, dan menghilangkan sanksi pidana bagi pengusaha,” ujar Sept Agis Pusaka didampingi para buruh yang hadir.(hms7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here